Analisis Pengaruh Modal, Tenaga kerja dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Pengrajin Songkok Di Desa. Bungah Kecamatan. Bungah Kabupaten. Gresik.

Aprilliana, Ika (2021) Analisis Pengaruh Modal, Tenaga kerja dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Pengrajin Songkok Di Desa. Bungah Kecamatan. Bungah Kabupaten. Gresik. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 145 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (751kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (454kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN JURNAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya tiap daerah pasti mempunyai produk unggulannya masing-masing. Adanya keunggulan produk lokal tersebut merupakan hasil dari kemampuan tiap daerah, sehingga mampu menjadi sumber pendapatan masing-masing daerah yang juga akan memberikan nilai tambah bagi negara dalam pengembangan ekonomi dan peningkatan daya saing baik di pasar dalam negeri maupun di pasar luar negeri. Untuk itu adanya IKM di Kabupaten Gresik ini mampu memberikan peluang yang cukup besar dalam penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat yang tidak berlatar pendidikan tinggi atau masyarakat kelas kecil hingga menengah. Dikenal dengan julukannya sebagai ‘Kota Santri’, tidak heran jika Kabupaten Gresik menjadi penghasil songkok atau kopyah terbesar di wilayah Jawa Timur. IKM ini mampu memberikan peluang yang cukup besar dalam penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat yang tidak berlatar pendidikan tinggi atau masyarakat kelas kecil hingga menengah. Kopyah atau songkok merupakan barang/acc pelengkap yg mayoritas masyarakat Indonesia gunakan dalam penggunaan utama ketika beribadah atau menghadiri upacara keagamaan. Populasi dari pengrajin kopyah atau songkok ini banyak ditemui pada salah satu desa di kabupaten gresik yaitu tepatnya di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik yang mana kampung ini dikenal sebagai kampung songkok. Modal merupakan faktor produksi dalam segala kegiatan usaha sekaligus langkah awal dari kegiatan produksi. Modal sangat berpengaruh pada produktivitas usaha yang berdampak terhadap pendapatan suatu usaha. Tenaga kerja merupakan faktor yang sangat penting dalam proses produksi dan merupakan faktor penggerak faktor input yang lain. Bahan baku merupakan semua jenis bahan baku termasuk bahan utama dan bahan penolong yang dibeli oleh perusahaan dan digunakan dalam proses produksi dalam hal ini bahan baku merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pendapatan. Kata Kunci : Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku, Pendapatan.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: 1231700040 Ika Aprilliana
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:53
Last Modified: 17 Sep 2021 01:53
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11060

Available Versions of this Item

  • Analisis Pengaruh Modal, Tenaga kerja dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Pengrajin Songkok Di Desa. Bungah Kecamatan. Bungah Kabupaten. Gresik. (deposited 17 Sep 2021 01:53) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item