Perancangan Permainan Platformer Ninja Runner Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Desktop Dengan Tools Unity 2d Game Engine

Pratama, Ade Mastya (2021) Perancangan Permainan Platformer Ninja Runner Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Desktop Dengan Tools Unity 2d Game Engine. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Game Ninja Runner adalah sebuah game bergenre Platformer dimana permainannya mengisahkan sebuah karakter Ninja yang harus melewati berbagai rintangan seperti melompati jurang, melompati sungai, melewati object yang menghalangi dan menghindari musuh untuk mengambil sebuah harta karun. Terdapat 5 level didalam game dimana pada setiap levelnya memiliki tema yang berbeda-beda dan pemain akan dihadapkan dengan musuh yang memiliki kemampuan untuk menyerang yang berbeda-beda juga pada setiap levelnya, namun didalam game ini juga terdapat checkpoint dimana ketika pemain telah melewati checkpoint yang ada didalam game tersebut ketika pemain kehilangan nyawa karena terjatuh ke dalam jurang atau terkena musuh maka akan otomatis respawn ke checkpoint yang telah dilewati sebelumnya. Platformer adalah genre game yang tantangannya adalah mengarahkan atau mengendalikan suatu karakter untuk melewati rintangan yang terpisah, biasanya dengan melompati suatu objek atau musuh. Dalam game Ninja Runner ini, pemain dapat berlari dan melompat untuk melewati rintangan. Dan penulis juga berharap game platformer yang dibuat dapat bermanfaat untuk melatih konsentrasi para pemain. Game Ninja Runner dirancang dengan mengimplementasikan metode finite state machine (FSM). FSM adalah metodologi perancangan sebuah sistem kontrol yang menggambarkan sebuah perilaku atau prinsip yang ada didalam kerja sistem. Pemilihan metode FSM pada game Ninja Runner diterapkan pada setiap musuh pada game yang memiliki interaksi yang berbeda pada setiap levelnya. Metode finite state machine pada game nantinya akan diterapkan pada tiap aspek interaksi yang terjadi antara pemain dengan musuh, pemain dengan checkpoint, pemain ketika kehilangan nyawa dan pemain dengan harta karun. Salah satu interaksi yaitu berupa musuh yang akan mengejar karakter utama pada area serang yang sudah ditentukan. Setelah pemain berhasil melewati musuh dan rintangan yang ada di dalam permainan maka pemain akan mengambil harta karun yang menandakan pemain telah menyelesaikan level tersebut dan akan lanjut ke level berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ade Mastya Pratama
Date Deposited: 01 Sep 2021 01:32
Last Modified: 03 Apr 2024 04:53
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10805

Available Versions of this Item

  • Perancangan Permainan Platformer Ninja Runner Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Desktop Dengan Tools Unity 2d Game Engine. (deposited 01 Sep 2021 01:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item