Analisis Kinerja Ruas Jalan Gajah Mada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dengan Metode PKJI 2014

Yunansyah, Ari (2021) Analisis Kinerja Ruas Jalan Gajah Mada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dengan Metode PKJI 2014. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (972kB)

Abstract

Jalan Gajah Mada merupakan salah satu ruas jalan tepatnya di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, dimana jalan tersebut merupakan kawasan pusat perbelanjaan, pertokoan, perkantoran, restoran, bengkel dan selalu dipadati lalu lintas setiap saat. Padatnya arus lalu lintas pada jalan penghubung Jalan Ahmad Yani menimbulkan tingginya tingkat kemacetan pada jalan tersebut. Dilihat dari situasi dan kondisi pada jalan tersebut maka tak heran jika adanya hambatan samping di ruas jalan tersebut. Berdasarkan uraian diatas maka perlu dilakukan analisis kemacetatn pada Jalan Gajah Mada. Penelitian ini didahului dengan melakukan kajian pustaka dan survei pendahuluan yang kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data sekunder dan data primer. Data primer berupa survei kinerja ruas dan situasi jalan dimana tipe jalan Gajah Mada mempunyai 3 lajur 1 arah tanpa median sepanjang 990 meter, lebar jalur 10,5 meter, lebar per lajur 3,5 meter, lahan on the street 4,10 meter, berkereb dan bertrotoar kurang lebih dari 1,5 – 1,8 meter. Dan juga jalan tersebut menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement). Data sekunder berupa data statistik pertumbuhan penduduk dan data jam puncak Jalan Gajah Mada. Metode yang digunakan adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 yang merupakan pemutakhiran kapasitas jalan dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 tentang Jalan perkotaan yang selanjutnya disebut Pedoman Kapasitas Jalan perkotaan sebagai bagian dari Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Pemutakhiran ini, pada umumnya terfokus pada nilai – nilai ekivalen mobil penumpang (emp) atau ekivalen kendaraan ringan (ekr), kapasitas dasar (C0), dan cara penulisan. Hasil penelitian menunjukkan kondisi geometrik ruas Jalan Gajah Mada masuk ke dalam tipe jalan 3/1, volume kendaraan pada jam puncak terjadi pada Hari Sabtu sebesar 7024,05 skr/jam, kecepatan arus bebas sebesar 46,97 km/jam, nilai kapasitas sebesar 11434,5 skr/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,61, sehingga tingkat pelayanan (Level of Services) pada jalan tersebut masuk ke dalam kategori C. Faktor tersebut memiliki karakteristik arus masih stabil, kecepatan dan kendaraan masih dapat dikendalikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Volume Lalu Lintas, Kecepatan Arus Bebas, Kapasitas Dasar, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, PKJI 2014.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: 1431600002 Yunansyah Ari
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:15
Last Modified: 01 Apr 2024 04:15
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item View Item