APLIKASI PENGENALAN HEWAN NON ENDEMIK DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY

Suheriyanto, Eko (2018) APLIKASI PENGENALAN HEWAN NON ENDEMIK DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (748kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hewan Non endemik adalah hewan yang ada di seluruh dunia dan di negara manapun. Pembelajaran pengenalan hewan non endemik terasa statis dan kurang atraktif. Bentuk fisik hewan yang hanya melalui kebun binatang yang terkadang berada di kandang, membuat tidak bisa mengenali hewan tersebut. Maka dengan pemanfaatan teknologi dan pemahaman tentang pengenalan hewan agar dapat lebih mudah dimengerti dengan media yang menarik, maka dirancanglah aplikasi yang dibuat menggunakan teknologi Augmented Reality sehingga dapat membantu dan memberikan pengalaman unik untuk mengenalkan beberapa jenis hewan non endemik. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pada penelitian ini adalah metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Marker berupa kaos dan pin bros. Kaos berisikan marker barcode berukuran 15cm x 15cm an pada Pin Bros terdapat sebuah barcode dengan ukuran 4cm x 4cm. Dalam pengujian terhadap jarak dan sudut kemiringan marker terhadap kamera, objek dapat muncul pada jarak minimal 5 cm dan maksimal 30 cm dan dengan sudut kemiringan antara 0 dan sudut kemiringan terbesar 60 0 . Hasil observasi dari sample uji diperoleh nilai dari Skala Guttman yaitu 87% maka dikatakan aplikasi sudah memenuhi kriteria efektif untuk software. 0

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, hewan, vuforia, unity.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 06 Nov 2018 09:25
Last Modified: 06 Nov 2018 09:25
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item