Penerapan Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berdasarkan Undang-Undang No 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia

Rahayu, Lutfiana Rahma (2018) Penerapan Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berdasarkan Undang-Undang No 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (168kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Birokrasi sebuah negara berpengaruh terhadap kondisi perekonomian dan sosial negara tersebut. Di Indonesia upaya reformasi penyelenggaraan birokrasi pemerintah dilakukan dengan upaya pemotongan jalur birokrasi. Ombudsman berdiri karena pemerintah sadar akan perlunya lembaga ini karena tuntutan masyarakat yang amat kuat untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, baik dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah melihat kinerja Ombudsman dalam hal penyelesaian laporan untuk mengetahui tingkat pencapaian dari ombudsman sebagai lembaga pengawas eksternal yang mandiri, dan tidak memiliki hubungan organik dengan lembaga negara dan instansi pemerintah lainnya. Mekanisme pengaduan dan penyelesaian laporan di Ombudsman telah diatur dalam Undang-Undang No 37 tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis data pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Jawa Timur yaitu Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Jawa Timur yang terletak di kota Surabaya. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode snowball. Dalam penelitian ini peneliti menemukan Ombudsman Perwakilan Jawa Timur telah memenuhi semua unsur indikator yang digunakan dalam penelitian yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan dan pemerataan. Ombudsman sebagai lembaga pengawas bertugas menerima laporan atas dugaan maladministrasi penyelenggaraan pelayanan publik, melakukan investiigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan maladministrasi serta melakukan upaya pencegahan dan tugas lain yang diberikan Undang-Undang. Masyarakat banyak yang merasakan manfaat dari keberadaan Ombudsman sebagai lembaga pengawas Pelayanan Publik yang ada di Jawa Timur karena merasa dapat membantu permasalahan yang mereka keluhkan dan sebuah solusi dari semua maladministrasi yang ada di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Ombudsman, efisiensi, efektifitas, kecukupan, pemerataan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: 145539 dian andi lesmana
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:54
Last Modified: 06 Nov 2018 03:54
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item