Sunarhadi, Toha (2015) Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. Undergraduate thesis, Untag 1945 Surabaya.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
SKALA 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
Text
SKALA 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
![]() |
Text
SPSS SKALA 1.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text
SPSS SKALA 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
![]() |
Text
TEKNIK ANALISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
Abstract
Cyberbullying merupakan fenomena bullying jenis baru yang semakin sering terjadi seiring dengan perkembangan media informasi dan komunikasi dalam dunia modern. Perilaku cyberbullying adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti sms, internet, email, chatting, video online, situs jejaring sosial, dan lain-lain secara sengaja oleh individu maupun kelompok yang bertujuan untuk merugikan orang lain. Perilaku cyberbullying dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti, bullying tradisional, strain, dan peran orangtua dan tipe kepribadian. Kepribadian merupakan karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan perilaku cyberbullying jika ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Subyek penelitian ini adalah remaja berjumlah 60 orang dengan usia 11-24 tahun, dan pengguna internet aktif. Metode pengambilan data yang digunakan menggunakan kuesioner berupa skala Likert untuk skala perilaku cyberbullying dan Eysenck Personality Questionarre untuk skala tipe kepribadian. Analisis data menggunakan t-test pada program SPSS versi 22.0. dieproleh t = -0.116 dengan taraf signifikansi p > 0.909 sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara perilaku cyberbullying dari kepribadian ekstrovert dengan kepribadian introvert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesa yang menyatakan terdapat perbedaan perilaku cyberbullying pada tipe kepribadian ekstrovert dan introvert ditolak..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku cyberbullying, tipe kepribadian ekstrovert�introvert, remaja |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Users 26 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:36 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:36 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |