Puspitasari, Eka Novi (2021) Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dan Perspsi Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
This is the latest version of this item.
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
JURNAL PENELITIAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
JURNAL TURNETIN.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dukungan orangtua kepada siswa serta persepsi lingkungan sekolah merupakan salah satu unsur penting dalam menumbuhkan motivasi belajar, khususnya pada siswa di usia pra remaja. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa dengan mengambil sampling siswa SMP Negeri 5 Tulungagung. Sampling diambil melalui teknik purposive sampling, dengan besar sampel 30% dari jumlah populasi, yaitu 74 siswa yang masuk pada tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui angket model skala likert, dan dianalisis melalui teknik regresi linier dan analisis korelasi non parametrik dari Spearmans_rho. Hasil pembuktian hipotesis menunjukan nilai F= 21,348 dengan p= 0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa secara bersama-sama persepsi pada dukungan orangtua dan lingkungan sekolah memiliki korelasi positif yang signifikan dengan motivaasi belajar siswa. Nilai r=0,613 dengan koefisien determinasi yang menunjukkan secara bersama-sama dukungan orangtua dan lingkungan sekolah memberikan sumbangan sebesar 37,6% pada motivasi belajar siswa. Hasil uji korelasi dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,004 dengan p= 0,972 (p>0,0) yang berarti bahwa dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa tidak ada korelasi, sedangkan persepsi pada lingkungan sekolah dengan motivasi belajar diperoleh nilai t= 6,517 dengan p= 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara persepsi pada lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa. Diketahui sumbangan efektif pada variabel dukungan orangtua memperoleh nilai 0,26% sedangkan persepsi pada lingkungan sekolah memperoleh sumbangan efektif sebesar 37,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dukungan orangtua, lingkungan sekolah, motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | 1511600084 Eka Novi Puspitasari |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 04:42 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 04:42 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8785 |
Available Versions of this Item
-
Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dan Perspsi Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Tulungagung. (deposited 12 Apr 2021 04:34)
- Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dan Perspsi Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Tulungagung. (deposited 12 Apr 2021 04:42) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |