Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Berbasis WEB Menggunakan Metode Delbecq Pada Unit Kerja Bagian Engineering Studi Kasus Surabaya Suites Hotel

Atma Negara, Hendra (2020) Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Berbasis WEB Menggunakan Metode Delbecq Pada Unit Kerja Bagian Engineering Studi Kasus Surabaya Suites Hotel. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (762kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Surabaya Suites Hotel merupakan hotel bintang 4 yang terdiri dari beberapa divisi dimana menggunakan sistem informasi untuk mendukung jalannya operasional hotel. Salah satunya adalah Divisi Engineering yang bertanggung jawab atas perawatan dan perbaikan seluruh equipment hotel. Divisi ini juga menggunakan sistem informasi sebagai pendukung kerja terutama sistem informasi dalam pelaporan kerusakan yang terjadi. Selama ini sistem informasi pelaporan kerusakan masih bersifat manual berupa pengisian form atau penyampaian lisan yang dicatat di buku kerja divisi engineering dan tidak adanya perhitungan skala prioritas perbaikan. Hal ini mengakibatkan pencatatan data laporan kerusakan menjadi tidak rapi serta ketidakteraturan dalam perbaikan kerusakan. Perancangan sistem informasi ini bertujuan untuk membantu mengolah data pelaporan kerusakan dan menghitung skala prioritas perbaikan agar data yang tersimpan akurat. Agar sistem informasi ini tepat guna, maka dilakukan observasi lapangan, analisis fungsional dan non-fungsional serta observasi metode. Perancangan sistem informasi ini menggunakan metode Delbecq untuk menghitung skala prioritas pemecahan masalah dan hasilnya disertai dengan laporan pendukung dalam bentuk grafik. Untuk mengetahui usabilitas dari penerapan helpdesk ini, telah dilakukan simulasi sebagai evaluasi. Hasil evaluasi didapat bahwa sistem informasi ini mudah dioperasikan dan membantu semua user dalam pelaporan, pengolahan data serta menentukan prioritas perbaikan, sehingga penanganan masalah kerusakan menjadi cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, engineering, helpdesk, delbecq
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Hendra Atma Negara
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:15
Last Modified: 14 Mar 2024 03:15
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item