Rachmawati, Artining Tyas (2019) Efektivitas Pelatihan Empati Terhadap Peurunan Perilaku Bullying Ditinjau Dari Tingkatan Kelas. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
Abstrak.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
Bab I Artining Tyas.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
Bab II Artining Tyas.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III Artining Tyas.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV Artining Tyas.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V - Daftar Pustaka Artining Tyas.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
Jurnal Penelitian.pdf Download (262kB) |
|
Text
Jurnal Turnitin.pdf Download (9MB) |
Abstract
Salah satu fenomena hambatan sosial yang hidup berdampingan dengan masa perkembangan anak-anak adalah kekerasan. Kasus kekerasan yang marak terjadi salah satunya adalah perilaku bullying. Pelaku bullying cenderung menyebabkan para korbannya semakin bersalah dan tertindas. Pendidikan dasar yang mencakup kategori usia 7 sampai 12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan empati untuk meningkatkan empati siswa pelaku bullying, melihat hubungan antara peningkatan empati dengan penurunan perilaku bullying, Menguji perbedaan tingkat empati setelah pelatihan empati, dan melihat penurunan perilaku bullying pada siswa pelaku bullying. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Pre-Post Test One Group Design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang tergabung dalam kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala empati yang dibuat berdasarkan aspek empati milik Davis dan skala bullying yang dibuat berdasarkan unsur bullying menurut Olweus. Analisa data menggunakan Mann Whitney dan Spearman Brown. Berdasarkan hasil analisis Mann Whitney hasil uji efektivitas pelatihan empati terhadap peningkatan empati menunjukkan hasil nilai Z -2366 dan nilai p=0.018 (p<0.05) hasil tersebut menunjukan pelatihan empati efektif terhadap peningkatan empati. Uji Korelasi Peningkatan Empati dengan Penurunan Bullying Siswa Kelas IV dan V menunjukan nilai Correlation Coefficient -0.012 dan nilai p= 0,977 artinya p=0.000(p>0.05) hasil tersebut menunjukan tidak ada korelasi antara peningkatan empati dengan penurunan bullying. Hasil uji perbedaan empati siswa kelas IV dan V menunjukkan hasil nilai Z -.607, dan nilai p=0.544 (p>0.05) tidak ada perbedaan empati yang signifikan. Hasil uji penurunan bullying siswa kelas IV dan V menunjukkan hasil nilai Z -2.084, dan nilai p=0.037 (p<0.05) hasil tersebut menunjukan terjadi penurunan bullying yang signifikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan Empati, Perilaku Bullying, Tingkatan Kelas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | 1521600020 Artining Tyas Rachmawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 07:38 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 07:39 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/7603 |
Actions (login required)
View Item |