Inovasi Pelayanan E-KTP dengan Sistem Door to Door (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto)

Abdy, Youang Aula (2020) Inovasi Pelayanan E-KTP dengan Sistem Door to Door (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

E-KTP merupakan kartu identitas wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia. Oleh sebab itu, setiap warga Negara Indonesia wajib untuk melakukan rekam e-KTP, termasuk masyarakat yang berkebutuhan khusus, lansia dan orang dengan gangguan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas serta faktor pendukung dan penghambat dari inovasi pelayanan perekaman e-KTP dengan sistem door to door oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari fenomena atau kejadian yang sebenarnya terjadi di lapangan yang dihasilkan dari wawancara dan dokumen yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pelayanan e-KTP dengan sistem door to door belum cukup efektiv. Hal ini dapat dilihat dari indikator sosialisasi dan pemantauan. Faktor pendukung dalam pelayanan ini yaitu jangkauan wilayah kota Mojokerto yang kecil, database yang valid, alamat mudah dicari/dilacak. Dan Faktor penghambat dalam Pelayanan e-KTP dengan sistem door to door yaitu, pertama koordinasi waktu pelaksanaan dengan keluarga pendamping. Kedua, sarana dan prasarana yang belum memadahi, karena kondisinya yang sudah lama. Dan pemohon yang berada di luar kota Mojokerto. Untuk mencapai efektivitas program tersebut, pihak Dispenduk perlu melakukan sosialisasi dengan cara mengisi website resmi dan sosial media, serta selalu memberikan informasi apabila melakukan perubahan baik dalam persyaratan maupun prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Evektivitas, Pelayanan, e-KTP, Lansia, Difabel, ODGJ
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Youang Aula Abdy
Date Deposited: 15 Jan 2021 12:17
Last Modified: 28 Feb 2021 13:07
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/7451

Actions (login required)

View Item View Item