Peran Product Placement Pada Drama TV Dalam Menggerakkan Industri Pertelevisian Korea Selatan (Studi Kasus Pada Drama TV Serial Korea Descendant Of The Sun)

WIDAYANTI, NUR (2017) Peran Product Placement Pada Drama TV Dalam Menggerakkan Industri Pertelevisian Korea Selatan (Studi Kasus Pada Drama TV Serial Korea Descendant Of The Sun). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)

Abstract

Untuk membuat sebuah acara televisi yang berkualitas, serta mengandung nilai sosial serta moral yang dapat dinikmati oleh penonton tidaklah mudah. Selain persiapan pra-produksi yang harus benar-benar matang dalam segi biayapun harus dipertimbangkan. Salah satu cara meminimalisir pembekakan biaya produksi biasanya para produser dan sutradara melakukan penempatan produk atau product placement dalam produk produksinya. Penempatan produk sangat wajar di dunia pertelevisian diberbagai negara, terutama di Korea Selatan, hampir setiap produksi drama Korea menggunakan product placement sebagai tambahan biaya produksi pembuatan drama. Dan salah satu drama fenomenal tahun 2016 yang digunakan peneliti sebagai subjek penelitian karena menggunakan product placement untuk mengcover pembekakan biaya produksi adalah serial drama Korea Descendant Of The Sun yang ditayangkan saluran televisi KBS2. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Studi Kasus. Dengan menggunakan payung paradigma fenomenologi, Studi Kasus memusatkan perhatian pada satu objek tertentu yang diangkat sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam sehingga mampu membongkar realitas di balik fenomena. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan Studi Kasus pada product placement yang itayangkan di program televisi serial Korea dan pengkajiannya dilakukan dengan menggunakan teori product placement dan ekonomi media. Hasil penelitian berdasarkan teori product placement adalah bahwa dengan melakukan penempatan produk maka peningkatan pengetahuan akan merek (brand knowledge) dan peningkatan penjualan produk akan terpenuhi. Dan berdasarkan teori ekonomi media adalah bahwa dengan suksesnya sebuah produksi media maka peranan media dalam ekonomi nasional berupa kesejahteraan masyarakat dan penciptaan lapangan pekerjaan di tengah masyarakat akan tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: product placement, drama Descendant Of The Sun, ekonomi media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 04 Sep 2018 12:16
Last Modified: 04 Sep 2018 12:21
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item