Analisis Faktor Penyebab Waste Besi dan Mitigasi Pada Proyek Toll KLBM (Krian Legundi Bunder Manyar)

RIZKI, MUHAMMAD ALVAN (2020) Analisis Faktor Penyebab Waste Besi dan Mitigasi Pada Proyek Toll KLBM (Krian Legundi Bunder Manyar). Masters thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah MT-31.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah MT-31.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (57kB)

Abstract

Secara umum, material besi merupakan penunjang dari bangunan struktur. Waste material besi adalah waste yang mempunyai nilai cukup tinggi dalam suatu konstruksi sehingga menjadi perhatian khusus dalam proyek konstruksi saat ini. Waste material besi dapat didefinisikan sebagai material , yang tidak menambah angka nilai atau kemajuan progress untuk proyek konstruksi. Sehingga semakin banyak waste maka dapat membuat suatu proyek rugi. Banyak beberapa faktor yang menyebabkan waste material besi dalam proyek Toll KLBM, baik faktor internal maupun eksternal.Populasi penelitian ini adalah proyek Toll KLBM. Data penelitian diperoleh melalui pembagian kuisioner dan wawancara pada para pelaku konstruksi Toll KLBM dengan menggunakan Google Form. Data yang diambil dari 11 responden adalah data probabilitas, dampak, dan mitigasi.Proses pengolahan data menggunakan Fault Tree Analysis, Expected Monetary Value, dan Decision Mitigasi. Hasil Expected Monetary Value terbesar menunjukan faktor terbesar penyebab waste material besi.Hasil penelitian menunjukan tiga terbesar penyebab waste material besi berdasarkan nilai EMV adalah konstruksi sudah berjalan owner melakukan perubahan desain, perencana kurang kompeten, dan material besi hilang/vandalisme. Kategori penyebab terbesar adalah dari segi desain. Mitigasi yang dapat dilakukan adalah mereview desain dan gambar strutur dengan rekayasa nilai, meningkatkan komunikasi dalam perencanaan desain, mengadakan rapat rutin antara owner dan kontraktor, melakukan pengecekan material secara rutin, melindungi material besi dengan benar contohnya pemasangan pagar pada area stok besi, dan memberikan tambahan keamanan seperti cctv.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: iron waste material, KLBM Toll, google form, fault tree analysis, expexted monetary value, mitigation decision
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Didik Ahmad
Date Deposited: 12 Dec 2020 22:26
Last Modified: 18 Jul 2022 06:33
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/6744

Actions (login required)

View Item View Item