Pemilihan Struktur Perkerasan Pelebaran Jalan Asam Baru – Simpang Bangkal Ditinjau Dari Umur Rencana Dan Estimasi Biaya

TOBING, ANGGIAT NATIO MAROJAHAN LUMBAN (2016) Pemilihan Struktur Perkerasan Pelebaran Jalan Asam Baru – Simpang Bangkal Ditinjau Dari Umur Rencana Dan Estimasi Biaya. Masters thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pemenuhan kriteria teknis dalam pembangunan infrastruktur jalan nasional sudah seharusanya dipenuhi dan ukurannya adalah kinerja jalan yang baik dan maksimal. Permasalahan kinerja jalan yang tidak baik atau tidak maksimal bisa dilihat dari lebar badan jalan yang belum memenuhi standar lebar jalan nasional demikian juga dengan struktur perkerasan jalannya. Kondisi belum terpenuhinya kriteria teknis ini merupakan salah satu pemicu kerusakan dini pada lapis permukaan jalan bahkan pada lapis struktur perkerasan badan jalan seperti pada Sta.32+975 s/d Sta.42+975 jalan Asam Baru - Simpang Bangkal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis struktur perkerasan jalan yang lebih ekonomis sesuai umur rencana pelebaran jalan dan rehabilitasi pada eksisting lama di salah satu segmen jalan Asam Baru - Simpang Bangkal. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah Metode Evaluasi Sumatif dimana hasilnya menekankan pada efektifitas pencapaian produk desain tertentu sebagai pilihan. Rangkaian penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa jenis struktur perkerasan yang lebih ekonomis sesuai umur rencana pelebaran jalan dan rehabilitasi pada eksisiting lama di jalan Asam Baru – Simpang Bangkal pada Sta.32+975 s/d Sta.42+975 (sepanjang 10 KM) adalah jenis struktur perkerasan semi - rigid / composite pavement. Saran penulis untuk peneliti berikutnya agar memasukkan jenis struktur perkerasan kaku (rigid pavement) sebagai alternatif yang ketiga. Peneliti berkutnya juga bisa menggunakan metode perhitungan desain yang berbeda dari penulis tesis ini sebagai komparasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Jalan - Umur Rencana - Estimasi Biaya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Didik Ahmad
Date Deposited: 12 Dec 2020 11:37
Last Modified: 18 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/6734

Actions (login required)

View Item View Item