Analisis Biaya Desain Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Pada Ruas Lingkar Luar Kota Sampit (Station 6+00 - 12+620)

Arisanto, Andria (2017) Analisis Biaya Desain Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Pada Ruas Lingkar Luar Kota Sampit (Station 6+00 - 12+620). Masters thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan Lingkar Luar Kota Sampit adalah salah satu bagian dari ruas jalan poros penghubung alternatif antar Kabupaten di Propinsi Kalimantan Tengah. Belum fungsionalnya ruas jalan tersebut tentu saja menjadi permasalahan bagi jalan di dalam kota Sampit yang secara struktur masih belum mampu mendukung beban arus lulu litas dengan tonase melebihi 8 (delapan) ton beban gandar, sehingga setiap tahun selalu saja terjadi kerusukan yang cukup parah. Dengan dilanjutkannya penanganan ruas Lingkar Luar Kota Sampit yang memenuhi standart beban lalu lintas, arus mobilitas baik orang maupun barang dari arah Kota Palagka Raya menuju Pangkalan Bun maupun sebaliknya akan melalui jalur alternatif ini, sehingga kerusakan jalan dalam Kota Sampit dapat diminimalisir. Untuk menangani kondisi tersebut dilakukan perbandingan antara struktur perkerasan lentur dan struktur perkerasan kaku yang masing-masing jenis struktur perkerasan jalan tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil desain yang optimal dari kedua jenis perkerasan pada ruas Lingkar Luar Kota Sampit station 6+000 - 12+620. Hasil analisis dan perhitungan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013 untuk struktur perkerasan lentur terdiri dari Lapis Pondasi Atas (LPA) Klas A tebal 30 cm, AC-Base tebal 13,5 cm, AC-BC tebal 6 cm, AC-WC tebal 4 cm dan Aggregat S tebal 10 cm. Sedangkan untuk struktur perkerasan kaku terdiri dari Lapis Pondasi Atas (LPA) Klas A tebal 15 cm, Lean Mix Conrete (LMC) tebal 10 cm, Plat Beton tebal 30,5 cm, dan Aggregat S tebal 17,5 cm. Biaya untuk struktur perkerasan lentur dengan umur rencana 20 tahun sebesar Rp. 90.659.000.000,- dan biaya pemeliharaan berupa pelapisan ulang (overlay) AC-WC untuk 10 tahun berikutnya sebesar Rp. 13.593.109.871,-. Sedangkan untuk struktur perkerasan kaku dengan umur rencana 40 tahun sebesar Rp. 95.165.000.000,- tanpa biaya pemeliharaan. Biaya investasi menggunakan Annual Worth Analysis untuk struktur perkerasan lentur dengan umur rencana 20 tahun sebesar Rp. 9.210.000.000,- dan untuk struktur perkerasan kaku dengan umur rencana 40 tahun sebesar Rp. 8.984.000.000,-. Jadi untuk kedua jenis desain stuktur perkerasan tersebut yang lebih ekonomis dan efisien berdasarkan nilai investasi selama umur rencana pada ruas Lingkar Luar Kota Sampit (Station 6+000 – 12+620) adalah jenis Struktur Perkerasan Kaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan lentur, Perkerasan kaku, Annual Worth Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Didik Ahmad
Date Deposited: 12 Dec 2020 11:32
Last Modified: 08 Dec 2021 05:41
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/6733

Actions (login required)

View Item View Item