Analisis Beban Kerja Guna Menentukan Solusi Perbaikan Pada Check In Counter di PT. Lion Mentari Airlines

NURJANAH, NOVI SITI (2018) Analisis Beban Kerja Guna Menentukan Solusi Perbaikan Pada Check In Counter di PT. Lion Mentari Airlines. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (632kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT. Lion Mentari Airlines merupakan adalah perusahaan maskapai penerbangan. Perusahaan ini memiliki staff check in yang bertugas melayani awal proses datangnya penumpang sebelum memasuki pesawat terbang. Staff check in di PT. Lion Mentari Arilines ini berjumlah 18 staffdan memiliki banyak jadwal penerbangan, sedangkan jumlah penumpang pada setiap satu kali penerbangan mencapai 215 penumpang. Oleh karena itustaff check insering mengalami kewalahan dan kelelahan sehingga dilakukan analisis beban kerja untuk mengetahui seberapa besar beban yang diterima oleh karyawan selama ini. Analisis beban kerja fisik dilakukan dengan metode Workload Analysis dan analisis beban kerja mental dilakukan dengan metode NASA-TLX. Pengambilan data dilakukan dengan cara Metode Stopwatch Time Study dan kuesioner NASA-TLX. Selanjutnya dari hasil analisis beban kerja baik fisik maupun mental digunakan untuk memberikanrekomendasi solusi perbaikan. Berdasarkan hasil analisis beban kerja fisik, rata-rata beban kerja yang diterima oleh staff check in counter sebesar 117,62% termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis beban kerja mental rata-rata beban kerja mental yang diterimastaff check in countersebesar 74,22% termasuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu, rekomendasi solusi perbaikan yang diberikan adalah melakukan penjadwalan dengan metode Simulasi.Pada model awal tidak adanyapembagian antara check in offline dan check in online. Angka utilitas cukup tinggi dari ketiga counteryaitu, 94.04%, 86.76%, dan 93.46%. Lalu simulasi penjadwalan dilakukan dengan membagi 2 counter check in untuk offline dengan angka utilitas 89% dan 85.66% dan 1 counter untuk check in online dengan angka utilitas 40.33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beban kerja,Metode Simulasi, NASA-TLX, Stopwatch time study, Workload Analysis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 13 Aug 2018 12:08
Last Modified: 20 Jul 2022 03:09
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item