SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR FAKTOR PENURUNAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA SMK

Anggara, Ayub Budi (2020) SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR FAKTOR PENURUNAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA SMK. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
jurnal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Turnitin.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sekolah menengah kejuruan adalah sekolah untuk mengolah kemampuan bagi para siswa atau siswi sebelum mereka akan memasuki dunia kerja maupun dunia perkuliahan. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Taman ditemukan sebuah permasalahan yaitu sistem pengolahan data akademik sekolah masih secara manual. Dalam pembuatan sistem informasi akademik sekolah ditambahkan fitur berupa prediksi mutu atau kualitas dari pembelajaran siswa dan siswi menggunakan algoritma C4.5. Algoritma C4.5 adalah salah satu algoritma terbaru untuk melakukan perhitungan Data Mining, Algoritma C4.5 bisa disebut dengan pohon keputusan (decision tree) yaitu merupakan salah satu metode klasifikasi menggunakan bentuk menyerupai struktur pohon, dimana pada setiap node mewakili sebuah atribut, cabangnya mewakili nilai dari atribut, dan daun mewakili keputusan, Konsep dari pohon keputusan ini adalah dengan mengumpulkan data yang kemudian menghasilkan rule-rule solusi permasalahan. Dari hasil penelitian ini menghasilkan sebuah indentifikasi faktor faktor penyebab menurunnya kualitas belajar siswa smk, seperti kinerja guru, suasana belajar dirumah, rata rata nilai ujian akhir semester, metode pembelajaran yang di sukai oleh siswa, sarana prasarana disekolah, dan lingkungan belajar dikelas sehingga menghasilkan prediksi berupa kualitas belajar yang Tinggi atau Rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Algoritma C4.5, Siswa SMK
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Budi Anggara Ayub
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:15
Last Modified: 09 Sep 2020 07:15
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5231

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item