ANALISIS MAKNA IKLAN GOJEK VERSI “MICHAEL ESSIEN” di TELEVISI

Aziz, Muhammad Fahmi (2017) ANALISIS MAKNA IKLAN GOJEK VERSI “MICHAEL ESSIEN” di TELEVISI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam pemasaran produk. Dengan adanya iklan, masyarakat dapat mengetahui informasi dan tertarik untuk menggunakan produk tersebut. Tidak terkecuali perusahaan Go – Jek yang menawarkan jasa melalui iklan. Iklan Go – Jek versi Michael Essien di Televisi menjadikan ketertarikan tersendiri karena menampilkan pemeran utama, seorang pemain sepak bola dunia asal Negara Ghana yang pernah bermain di beberapa klub Eropa. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce dengan tujuan untuk menganalisis representamen, object dan interpretant pada iklan Go – Jek versi Michael Essien . Sumber data menggunakan dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dengan mengolahnya melalui data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini, lokasi dalam iklan berada dalam berbagai macam scene yaitu di Kota Bandung, tempat berkumpul Michael Essien, tempat tinggal Michael Essien, lapangan sepak bola. Adanya gambar motor yang berwarna hijau dalam logo Go – Jek menjadikan simbol dalam iklan. Tulisan bawah dalam iklan menjadikan indeks dalam iklan yaitu, fungsi teks bawah dalam iklan adalah membantu konsumen agar dapat mengetahui apa yang diucapkan oleh pemeran Michael Essien. Dalam iklan menunjukkan lima menu yang ada di dalam aplikasi Go – Jek. Kelima menu tersebut adalah Go – Car yang berfungsi untuk mengantar orang dengan menggunakan kendaraan roda empat ( mobil ), Go – Ride yang berfungsi untuk mengantar orang menggunakan kendaraan roda dua ( motor ), Go – Food yang berfungsi untuk memesan makanan, Go – Pay yang berfungsi untuk melakukan pembayaran non tunai, Go – Clean yang berfungsi untuk membersihkan rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Semiotika, Go-Jek
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 08 Jun 2018 09:59
Last Modified: 15 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item