Kepercayaan Dan Sikap Pengguna Twitter Dalam Merespon Konten Akun Twitter Anonim (Studi Etnografi Virtual Pada Replies Akun Twitter @Askmenfess)

Maulida, Ika Hikmah (2020) Kepercayaan Dan Sikap Pengguna Twitter Dalam Merespon Konten Akun Twitter Anonim (Studi Etnografi Virtual Pada Replies Akun Twitter @Askmenfess). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (208kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Akun Twitter @askmenfess merupakan akun auto base yang terbentuk dari budaya berkirim pesan secara anonim di Twitter. Konten yang dipublikasikan oleh akun Twitter @askmenfess tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena identitas pengirim pesan tidak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengguna Twitter dalam merespon konten anonim dari akun Twitter auto base @askmenfess dan faktor-faktor yang mempengaruhi respon tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan etnografi virtual. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi, observasi partisipan, dan wawancara semistruktur. Analisis data menggunakan teori CMC dan Atribusi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengguna Twitter merespon konten anonim selayaknya berkomunikasi dengan individu biasa secara aspatial, asynchronous, dominan melalui medium teks, dan tidak terkendala oleh identitas sosial antar pengguna, (2) Respon pengguna Twitter dipengaruhi oleh faktor situasional, kepentingan personal, kemampuan, motivasi, keinginan, adanya perasaan, rasa ingin memiliki, merasa wajib, dan merasa diperkenankan. Kata Kunci: Respon, Twitter, Etnografi Virtual, Atribusi, CMC   ABSTRACT The Twitter account @askmenfess is an auto base account that is formed from a culture of sending messages anonymously on Twitter. Content published by the Twitter account @askmenfess cannot be accounted for because its identity is unknown. This study aims to describe Twitter users in responding to anonymous content from the Twitter account auto base @askmenfess and the factors that influence the response. This study uses qualitative methods and a virtual ethnographic approach. The research data were obtained through documentation, participant observation, and semistructural interviews. Data analysis using CMC and Attribution theory. The results showed (1) Twitter users respond to anonymous content as it should communicate with ordinary individuals as aspatial, asynchronous, dominant through the medium of text, and not constrained by social identity between users, (2) Twitter user responses are influenced by situational factors, personal interests, abilities , motivation, desire, emotion, desire to have, feel obliged, and feel allowed. Keyword: Response, Twitter, Virtual Etnography, Atribution, CMC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Respon, Twitter, Etnografi Virtual, Atribusi, CMC
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ika Hikmah Maulida
Date Deposited: 26 Jul 2020 06:05
Last Modified: 05 Apr 2021 22:57
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item