Saputra, Ricky Eko (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PENYALAHGUNAAN PROMO UNDIAN BERHADIAH YANG DILAKUKAN OLEH PELAKU USAHA. Undergraduate thesis, Untag Surabaya.
![]() |
Text
Bab I.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (946kB) |
![]() |
Text
Dafpus.pdf Download (159kB) |
Abstract
Perlindungan hukum bagi konsumen akhir-akhir ini mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah dan masyarakat terhadap kerugian yang dialami konsumen, yang terlibat dalam trik promosi penjualan. Berbagai cara penjualan dilakukan untuk mencapai target penjualan dan meraih keuntungan, terkadang tidak dilakukan dengan cara penjualan yang baik. Kegiatan pelaku usaha dengan mengupayakan produk yang ditampilkan menarik dengan harga terjangkau, manipulasi dan kegiatan yang sifatnya mengelabui konsumen, hal ini banyak menimbulkan kerugian bagi konsumen, antara lain dilakukan melalui pemberian hadiah cuma-cuma, obral, undian dengan maksud ingin mendapatkan perhatian dari produk atau usaha yang dilakukan. Pada kesempatan ini penulis mencoba mengemukakan beberapa permasalahan yaitu : Bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen terhadap penyalahgunaan promo berhadiah yang dilakukan oleh pelaku usaha? Serta bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap penyalahgunaan promo berhadiah dalam suatu produk?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : perlindungan hukum konsumen dalam hubungannya dengan kegiatan promosi atas barang yang diperdagangkan dimana promosi yang tidak sesuai janji dilakukan melalui pengawasan pemerintah dan lembaga perlindungan konsumen untuk mencegah terjadinya pelanggaran hak konsumen, pemberlakuan sanksi terdiri dari sanksi administrasi, sanksi pidana dan perdata apabila konsumen dirugikan oleh promosi yang merugikan dan tanggung jawab pelaku usaha atas penyalahgunaan promo berhadiah dalam suatu produk yaitu pelaku usaha harus mengganti kerugian yang dialami oleh konsumen. saran yang dapat disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu: perlu adanya kerjasama antara konsumen, pelaku usaha, lembaga konsumen dan pemerintahan agar UUPK dapat diterapkan dengan baik sesuai tujuannya, diharapkan konsumen lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi terhadap promo berhadiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan konsumen, konsumen, pelaku usaha |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Users 9 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 02:17 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 02:17 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/2432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |