Pengaruh Penggunaan Kartu Hiragana Sebagai Media Pembelajaran Hiragana Pada Siswa Kelas XI-Bahasa Man 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019

LESTANTI, EVA MEILIA PUTRI (2019) Pengaruh Penggunaan Kartu Hiragana Sebagai Media Pembelajaran Hiragana Pada Siswa Kelas XI-Bahasa Man 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Untag Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu sebagai metode pengajaran hiragana pada siswa MAN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019, latar belakang dari penelitian ini dikarenakan siswa sering merasa kesulitan dalam membaca atau mengucapkan huruf, kesulitan menuliskan huruf dengan urutan yang benar, kesulitan mengingat bentuk huruf dan membedakan bentuk huruf yang mirip seperti huruf あ (A) dan お (O) , lalu わ (Wa) ,ね (Ne) dan れ (Re), ぬ (Nu) dan め (Me) , は (Ha) dan ほ (Ho), た (Ta) dan な (Na) , さ (Sa) dan き (Ki), る (Ru) dan ろ (Ro). Hal ini merupakan salah satu hambatan bagi pembelajar bahasa Jepang pemula sehingga pembelajar sering menggunakan huruf romaji dalam pembelajaran sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-Bahasa MAN 1 Nganjuk. Instrumen penelitiannya berupa tes serta angket. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa pre-test kelas kontrol adalah ratarata sebesar 58,33 sedangkan rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 76,2. Rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 79,56 dan kelas eksperimen sebesar 90,88. Nilai t-hitung sebesar 2,908 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,005 dengan demikian hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen dinyatakan signifikan dengan signifikansi 5% karena memiliki hasil uji normalitas sebesar 0,219, uji homogenitas sebesar 0,967 dan t-test 2,908. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan penggunaan kartu terbukti efektif dalam pembelajaran hiragana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kartu Hiragana, Media Pembelajaran, KKM, MAN 1 Nganjuk
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Users 9 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:55
Last Modified: 01 Aug 2019 07:55
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item