Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dengan Adanya Promo Undian Berhadiah

ROBEN, AHMAD (2014) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dengan Adanya Promo Undian Berhadiah. Other thesis, Untag Surabaya.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (139kB)

Abstract

Banyaknya penipuan terhadap konsumen dari adanya promo berhadiah terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, diantanaya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan haknya sebagai konsumen serta masih tingginya perhatian konsumen terhadap undian berhadiah dengan tidak mencoba untuk berperan aktif mencari informasi yangmenyebebkan konsumen seringkali terjebak dalam proses dilakukanya promo undian berhadiah. konsumen belum memahami adanya “trik” dari pelaku usaha untuk mendapat keuntungan yang sebesar besarnya dengan cara memberikan informasi yang terbatas mengenai undian berhadiah kepada calon pembeli, tanpa memperdulikan hak-hak dasar konsumen sebagai objek aktifitas bisnis para pelaku usaha, serta yang paling mendasa adalah kurangnya perhatian dari Pemerintah dalam pengawasan terhadap undian, sehingga menyebebkan posisi konsumen berada dalam posisi yang lemah. Bukankah tujuan yang ingin dicapai dari Undang-Undang perlindungan konsumen ini adalah untuk melindungi serta memberdayakan konsumen dalam memilih, menentukan barang dan/atau jasa untuk kebutuhannya dan menuntut hakhaknya?.Maka dari itu peneliti berharap agar pemerintah, DPR dan juga pihak-pihak terkait segera mengambil langkah yang tepat dan benar dalam menyikapi permasalahan ini agar terciptanya sistem hukum perlindungan terhadap konsumen yang memuat unsur kepastian hukum didalamnya, keterbukaan informasi, pentingnya perlindungan hukum terhadap konsumen bertujuan untuk menumbuh sikap jujur serta bertanggungjawab dalam dunia usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam melakukan perlindungan hukum terhadap korban penipuan undian berhadiah dari suatu produk barang dan jasa, yang mana masalah ini mengacu terjadinya penyimpangan terhadap undian baik yang dilakukan oleh palaku usaha maupun oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.Perilaku menyimpang pelaku usaha yang menyelenggarakan undian berhadiah hanya merupakan sedikit dari masalah yang terjadi akibat penerapan sistem promo undian berhadiah, masalah utamanya adalah diperbolehkanya oleh pemerintah caramempromosi barang dan jasa dengan menggunakan system promo undian berhadiah, bila saja sistem pemasaran seperti ini tidak diperbolehkan, maka tidak akan ada masalah mengenai undian yang merugikan konsumen. Melihat tanggung jawab pemerintah yang kurang memperhatikan masalah undian berhadiah ini mengindikasikan pemerintah belum mampu melindungi konsumen dari masalah undian berhadiah ditengah majunya dunia usaha seperti saat ini. Menurut penulis, UU akan menjadi regulasi pasif jika pemerintah tidak berperan aktif untuk menyelesaikan masalah undian berhadiah ini. Aturan mengenai undian ini harus dihapuskan dari Undang-Undang yang berlaku saat ini khususnya Undang-Undang yang berhubungan dengan undian berhadiah, demi terciptanya iklim perekonomian yang baik di Negara kita.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PERLINDUNGAN KONSUMEN
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Users 9 not found.
Date Deposited: 20 May 2019 06:34
Last Modified: 20 May 2019 06:34
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item