MACHSUN, TOHA (2014) KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGELOMPOKAN KELAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KENAKALAN SISWA. Other thesis, Untag Surabaya.
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi persepsi siswa terhadap pengelompokkan kelas dan motivasi berprestasi dengan kenakalan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 3 Surabaya tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 328 siswa, yang diambil sebagai sampel 106 siswa dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui skala kenakalan siswa yang dikemukakan Kartono (1996), skala persepsi siswa terhadap pengelompokkan kelas, dan skala motivasi berprestasi yang dikemukakan oleh Mc Clelland (1987). Analisis data menggunakan teknik regresi ganda dan korelasi. Hasil analisi regresi diperoleh Fhitung 5,419 dengan signifikansi 0,006, dapat disimpulkan ada korelasi negatif yang signifikan antara persepsi pengelompokkan kelas dan motivasi berprestasi dengan kenakalan siswa. demikian pula hasil analisis korelasi antara persepsi pengelompokkan kelas dengan kenakalan siswa diperoleh r =0,285, p = 0,003 (p < 0,05), terdapat korelasi negatif dan signifikan. sedangkan korelasi antara motivasi berprestasi dengan kenakalan siswa diperoleh r = 0,785, p= 0,000 (p < 0,05), terdapat korelasi negatif dan signifikan. Sedangkan sumbangan efektif dua variabel tersebut terhadap kenakalan siswa sebesar 9,5%, sedangkan sisanya sebesar 90,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception Grouping Class, Achievement Motivation, Student Delinquency |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Users 9 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2019 01:21 |
Last Modified: | 07 May 2019 01:21 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1612 |
Actions (login required)
View Item |