ARIF F., MIFTACHUL CAHYA (2014) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN SUBJECTIVE WELLBEING PADA GURU TK YANG GAJINYA DIBAWAH UMR. Other thesis, Untag Surabaya.
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (211kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (74kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (169kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self esteen dengan subjective well being pada guru TK yang gajinya dibawah UMR. Self Esteem adalah sikap individual, baik positif atau negatif terhadap dirinya dimana seluruh manusia memilikinya guna untuk melihat betapa berharganya dirinya sebagai manusia. subjective well being merupakan hasil evaluasi individu mengenai kehidupannya yang berasal dari evaluasi afeksi dan kognitif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan alat ukur skala self esteem dengan angka reliabilitas 0,905 dan skala subjective well being dengan angka reliabilitas 0,850. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 65 orang yang merupakan guru TK yang gajinya dibawah UMR. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment pearson diperoleh r = 0,599 pada taraf signifikansi p = 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara self esteem dengan subjective well being pada guru TK yang gajinya dibawah UMR, artinya semakin tinggi self esteem yang dimiliki guru TK maka semakin tinggi pula subjective well being nya. Koefisien determinasi sebesar r 2 xy (0,599) 2 = 0,359 menunjukkan sumbangan self esteem pada subjective well being sebesar 35,9 %. Self esteem memberikan sumbangan besar terhadap subjective well being.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | elf esteem, subjective well being |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Users 9 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2019 02:11 |
Last Modified: | 06 May 2019 02:13 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1603 |
Actions (login required)
View Item |