PERLINDUNGAN HUKUM MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN TERHADAP PERGURUAN TINGGI SWASTA

Rangkuti, Apriliyantari BR (2019) PERLINDUNGAN HUKUM MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN TERHADAP PERGURUAN TINGGI SWASTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (428kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Diera globalisasi ini perguruan tinggi harus mengutamakn mutu dan kwalitas dengan melakukan kegiatan jasa pendidikan yang harus mempunyai keunggulan atau mutu pendidikan. Jika ingin mencapai tingkat kepuasan yang tinggi sangat diperlukan adnya pemahaman tentang apa yang pengen konsumen dari perguruan tinggi sehingga membangun komitmen di dalam lembaga perguruan tinggi untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa sebagai konsumen. Sejauh ini dibidang akademik pendidikan tinggi telah banyak mengunakan cara mengutamakan tingkatkepuasan mahasiswa sebagai konsumen dengan layanan yang meliputi manajemen lembaga, kerjasama bersama perguruan tinggi yang di dalam maupun luar negeri, krikulum program studi, proses pembelajaran, tenaga kerja (dosen, pegawai), sarana dan prasarana, mahasiswa dan sistem informasi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa selalu saja ada kekurangan dalam pelayanannya sehingga menimbulkan rasa ketidakpuasan mahasiswa sebagai konsumen atau bisa disebut juga merupakan perbedaan antara harapan dengan suatu kenyataan yang diterima oleh mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan hukum antara mahasiswa dengan perguruan tinggi swasta dan bagaimana proses penyelesaian sengketa jika mahasiswa sebagai konsumen dirugikan oleh perguruan tinggi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Hasil penelitian yang didapat adalahmahasiswa sebagai konsumen dari perguruan tinggi harus mendapatkan pelayanan yang memuaskan mengenai mutu atau kwalitas pendidikan sehingga tidak terjadi sengketa. Apabila terjadi ketidakpuasan terhadap mahasiswa, maka mahasiswa dapat mengajukan gugatan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) karean telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 7 yang berisi Tentang Kewajiban Pelaku Usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Mahasiswa, Perguruan Tinggi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:38
Last Modified: 12 Dec 2020 11:26
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item