KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI DI PANTI ASUHAN (STUDI PADA ANAK TERLANTAR DI PANTI ASUHAN PANCASILA TURI LAMONGAN)

Prihatini, Millenia and Darmawan, Arif and Romadhan, Mohammad Insan (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI DI PANTI ASUHAN (STUDI PADA ANAK TERLANTAR DI PANTI ASUHAN PANCASILA TURI LAMONGAN). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (375kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi interpersonal pengasuh dalam membentuk konsep diri pada anak terlantar di panti asuhan Pancasila Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus dan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah komunikasi interpersonal pengasuh dalam membentuk konsep diri pada anak terlantar di panti asuhan Pancasila Turi Lamongan dengan menggunakan komunikasi interpersonal yang efektif dengan pendekatan humanistis. Melalui pendekatan humanistis keterbukaan anak, pengasuh mengetahui latar belakang dan persoalan anak. Selanjutnya setelah anak mengungkapkan keterbukaanya maka mulailah pengasuh menyalurkan rasa empati, memberikan perhatian-perhatian yang di butuhkan anak sesuai dengan persoalan atau masalah yang di alami anak. Perhatian itu juga di wujudkan pengasuh dalam sikap mendukung kepada setiap kegiatan sehari-hari anak yang dalam bentuk sikap positif yang dapat membentuk konsep diri pada anak terlantar. Kesetaraan juga terjadi ketika dalam cara pengasuh membuat anak merasa nyaman dan terbuka tentang dirinya dalam berkomunikasi, guna membentuk konsep diri pada anak terlantar dengan standar keberhasilan dari pengasuh sesuai nilai dan norma agama dan bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Konsep Diri, Anak Terlantar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 30 Jan 2019 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:54
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item