Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswadi Sekolah Ciputra Surabaya.

Kumoro, Widarso Bekti (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswadi Sekolah Ciputra Surabaya. Other thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (22MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)

Abstract

Kepuasan Konsumen dalam hal ini orang tua siswa merupakan suatu hal yang sangat penting di bidang pemasaran. Sekolah dituntut untuk mampu menawarkan jasa pendidikan dengan mutu atau pelayanan yang diberikan kepada konsumen dari waktu ke waktu. Konsumen (orang tua siswa) yang semakin pandai dan terdidik mengakibatkan keinginan dan kebutuhan yang berubah semakin cepat. Pada saat ini sekolah sangat dituntut untuk lebih berorientasi pada kepuasan konsumen (orang tua siswa) agar dapat memenangkan persaingan pasar didunia pendidikan. Perusahaan yang mampu memberikan kepuasan terhadap konsumen secara tidak langsung perusahaan tersebut telah membangun kesetiaan konsumen sehingga pada akhirnya dapat menciptakan hubungan yang erat antara konsumen (orang tua siswa) dengan Lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan (X1), Citra Sekolah (X2) baik secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa (Y) di Sekolah Ciputra Surabaya. Keberhasilan Sekolah Ciputra Surabaya untuk mencapai kepuasan yang baik banyak ditentukan variabel-variabel tersebut diatas. Penelitian ini memiliki 4 hipotesis, yaitu : (1) Diduga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan secara parsial terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Ciputra Surabaya. (2) Diduga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra secara parsial terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa (Y) di Sekolah Ciputra Surabaya (3) Diduga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan citra secara simultan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Cipurtra Surabaya. (4) Diduga diantara dua variabel bebas kualitas pelayanan dan citra, kualitas pelayanan yang paling signifikan pengaruhnya terhadap peningkatan Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Ciputra Surabaya? Subjek penelitian ini adalah Orang Tua Siswa dengan jumlah sampel 100 responden (Stratified Random Sampling). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala Likert yang sudah di modifikasi. Data yang diperoleh kemudian iv dianalisis menggunakan bantuan Statistic Program for Social Science (SPSS) versi 16.00 for Windows dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan secara parsial terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa sebesar 4,336 (diatas t-tabel 1,980). Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa, karena t-hitung diatas t-tabel. 2. Pengaruh Citra Sekolah secara parsial terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa sebesar 2,440 (diatas t-tabel 1,980). Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara Citra Sekolah dengan Kepuasan Orang Tua Siswa, karena t-hitung diatas t-tabel. 3. Pengaruh secara simultan ( bersama – sama ) dari kedua variabel yaitu Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa adalah sebesar 0,815 atau 81,5 %. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh kesimpulan, bahwa Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa 4. Kualitas Pelayanan ( X1 ) dengan Kepuasan Orang Tua Siswa ( Y ) dengan nilai keterkaitan sebesar 0,802 dan lebih besar daripada Citra Sekolah dengan nilai keterkaitan sebesar 0.774. Jadi Kualitas Pelayanan paling mempengaruhi secara signifikan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa v

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Citra dan Kepuasan Orang Tua Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Didik Ahmad
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:44
Last Modified: 17 Nov 2021 01:44
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item