Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku Terhadap Produksi Industri Batik Madura (Studi Kasus di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan).

Nasitha, Dhaivi Silma (2019) Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku Terhadap Produksi Industri Batik Madura (Studi Kasus di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan). Undergraduate thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (68kB)

Abstract

Batik Madura adalah suatu bentuk seni budaya yang sangat menonjol dan mempunyai nilai ekonomi yang berkembang sangat cepat dan pesat di tengah-tengah masyarakat lokal maupun imternasional. Batik Madura mempunyai ciri khas dan keunikan di mata konsumen dengan karakter yang kuat, yang (memilki motif lukisan lepas) dicirikan oleh bebas dengan warna yang berani (merah, kuning, hijau muda). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial dan simultan variable modal, tenaga kerja, dan bahan baku terhadap variabel produksi industri batik Madura secara signifikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori fungsi produksi Cobb-Douglas yaitu model persamaan regresi linier berganda yang kemudian di transformasikan kedalam model fungsi logaritma, yang diolah menggunakan program SPSS. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif yang melalui wawancara langsung berdasarkan kuisioner yang telah disiapkan kepada responden/pengusaha batik, serta observasi dengan melihat langsung proses membatik. Hasil analisis dengan menggunakan persamaan fungsi regresi linier berganda yang sekaligus menjawab hipotesis dengan kesimpulan bahwa secara parsial modal tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi batik Madura. Tenaga kerja secara parsial juga tidak berpengaruh positif dan signifkan terhadap produksi batik Madura. Namun bahan baku secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi batik Madura. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara modal, tenaga kerja, dan bahan baku terhadap produksi industry batik Madura. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05. Selain itu hasil dari uji koefisien determinasi (R2) dianggap baik karena mendekati angka 1 yang berarti sangat kuat/baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, DAN BAHAN BAKU
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Didik Ahmad
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:05
Last Modified: 11 Nov 2021 03:05
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/12595

Actions (login required)

View Item View Item