Inovasi Layanan Klim Otomatis Bagi Peserta Yang Memasuki Batas Usia Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Surabaya

Suardi, Siti Magvirah (2018) Inovasi Layanan Klim Otomatis Bagi Peserta Yang Memasuki Batas Usia Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Surabaya. Undergraduate thesis, Untag 1945 Surabaya.

[img] Text
Abstraks.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu tugas penting yang tidak dapat diabaikan oleh pemerintah daerah sebab jika komponen pelayanan terjadi stagnasi maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak kemacetan. Oleh sebab itu perlu ada perencanaan serta inovasi yang baik, dan diformulasikan standar pelayanan yang bermutu kepada masyarakat. PT. Taspen (Persero) selaku badan usaha milik negara (BUMN) yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mengelola program dana pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) berupaya melakukan inovasi layanan, berupa Layanan Klim Otomatis (LKO) bagi peserta yang memasuki batas usia pensiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah 5 orang penerima pensiuan yang telah lanjut usia. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang pelayanan dan inovasi layanan klim otomatis yang dirancangoleh PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Surabaya untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada peserta. Adapun focus penelitian berdasarkan dimensi peserta yang dirumuskan oleh Agus Dwiyanto meliputi, menghemat biaya, tepat waktu pelayanan, sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan terhadap pelayanan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakanan analisa data deskriptif kualitatif, pengorganisasian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Surabaya sangat memuaskan dengan layanan klim otomatis bagi peserta yang memasuki batas usia pensiun, dengan adanya layanan klim otomatis guna meningkatkan proses percepatan layanan kepada para calon penerima pensiun. Dimana para calon penerima pensiuan tidak lagi mengajukan pemberkasan secara konfensional ke kantor Taspen. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Inovasi Layanan v vi ABSTRACT Public service is one of the important tasks that cannot be ignored by the local government because if the service component stagnates, it is almost certain that all sectors will have congestion. Therefore, there needs to be good planning and innovation, and formulated quality service standards for the community. PT. Taspen (Persero) as a state-owned enterprise (BUMN) assigned by the government to manage the Civil Service pension fund program (PNS) seeks to innovate services, in the form of Automatic Climax Service (LKO) for participants entering the retirement age. This study uses a qualitative approach with the type of research in descriptive form. Data collection techniques are primary data and secondary data through observation, interviews and documentation. Samples taken by researchers were 5 retired recipients who were elderly. This study aims to provide an overview of services and innovations in automated climate services designed by PT. Taspen (Persero) Main Branch Office of Surabaya to provide satisfying services to participants. The focus of research based on the dimensions of participants formulated by Agus Dwiyanto includes, saving costs, on time service, in accordance with the needs and satisfaction of the service. Furthermore, the data obtained was processed using qualitative descriptive data analysis, organizing data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the services provided by PT. Taspen (Persero) Surabaya Branch Office is very satisfying with an automatic climax service for participants entering the retirement age, with an automatic climatic service to improve the process of accelerating services to prospective pensioners. Where prospective retirees no longer submit filings in a conventional manner to the Taspen office.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Didik Ahmad
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:27
Last Modified: 02 Nov 2021 03:27
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/12413

Actions (login required)

View Item View Item