Rancang Bangun Rangka dan Sistem Transmisi Mesin Pemecah Biji Jagung (Design of Frame and Transmission System of Corn Crusher Machine)

Arifin, Syamsul (2021) Rancang Bangun Rangka dan Sistem Transmisi Mesin Pemecah Biji Jagung (Design of Frame and Transmission System of Corn Crusher Machine). Diploma thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (982kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di indonesia tanaman jagung masih menjadi komoditas hasil pertanian sehingga ketersediaannya mampu mencukupi kebutuhan nasional. Produksi jagung nasional juga mampu bersaing di pasar regional. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Produksi jagung nasional tahun 2016 adalah 23,6 juta ton. Lalu tahun 2017 produksi jagung mencapai 29,8 juta ton dan pada tahun 2018 kembali melonjak hingga mencapai 30 juta ton. Mekanisme pemecah biji jagung ini dibagi menjadi 2 : yaitu Pemecahan biji jagung secara manual yaitu proses yang dilakukan masih menggunakan tenaga manusia,bisa dengan cara ditumbuk dan juga bisa menggunakan alat bantu atau alat giling manual yang masih mengandalkan dari putaran tuas/hendel alat giling, Kelebihannya tidak perlu mengeluarkan biaya yang dibebankan misalnya listrik ataupun bensin, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan rutin, dan Pemecahan biji jagung secara mekanis yaitu dengan bantuan motor penggerak bisa dari motor listrik maupun motor tenaga bensin. Motor penggerak ini memiliki fungsi sebagai tenaga utama untuk memecahkan biji jagung. Keuntungan dari menggunakan motor penggerak yaitu hasil produksi menjadi lebih efektif dan efisien. Pada penelitian ini saya mengambil beberapa kompenen pelitian yang terdiri dari rangka,pulley, dan v-belt. Dari hasil perancangan elemen mesin yang telah dilakukan dalam perancangan mesin pemecah biji jagung didapatkan hasil : menggunakan besi hollow galvanis ukuran 30x30 mm ketebalan 2 mm dengan lebar rangka depan 250 mm,lebar samping 90 mm dan tinggi rangka 450 mm. Untuk diameter tabung 250 mm dengan menggunakan plat tebal 3 mm untuk hopper masuk/corong masuk menggunakan plat ketebalan 1,2 mm lebar 250 mm tinggi 300 mm dan untuk hopper keluar/corong keluar tebal 1,2 mm panjang 800 mm lebar 200 mm. Untuk transmisi pulley yang digerakkan menggunakan 3 inchi dan pulley penggerak menggunakan ukuran 3 inchi dan v-belt yang digunakan tipe A32.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Rangka, Pulley, Rancang Bangun, V-Belt
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Vokasi > Teknik Manufaktur
Depositing User: 211180009 Syamsul Arifin
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:39
Last Modified: 01 Jul 2022 02:07
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11752

Actions (login required)

View Item View Item