Analisa Perbandingan Penentuan Jumlah Tenaga Kerja dengan Penambahan Jam Kerja untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi (Studi Kasus Ukm Tenun Ikat Medali Mas Kota Kediri)

Pranata, Moh. Redo Bayu (2021) Analisa Perbandingan Penentuan Jumlah Tenaga Kerja dengan Penambahan Jam Kerja untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi (Studi Kasus Ukm Tenun Ikat Medali Mas Kota Kediri). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Jurnal Penelitian.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Jurnal Turnitin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diantara beberapa banyak pengerajin tenun ikat di kelurahan bandar kidul, kecamatan mojoroto, kota kediri ada kerajinan tenun ikat medali mas yang berhasil berkembang. Kerajinan tenun ikat cap medali mas ATBM (alat tenun bukan mesin) ini dimiliki oleh bapak Munawar dan ibu Siti Ruqoyah yang beralamat di Jl. KH.Agus Salim Gg. 8 No. 54C Bandar Kidul – Kec. Mojoroto – Kediri. Ukm ini memiliki 138 tenaga kerja. Berapakah waktu standar yang dibutuhkan untuk setiap proses penenunan dan apakah perlu melakukan penambahan tenaga kerja atau melakukan penambahan jam kerja. Menetukan waktu standar pada setiap proses penenunan dan Menentukan untuk melakukan penambahan tenaga kerja atau menambah jam kerja.Penelitian ini dilaksanakan di kerajinan tenun ikat ATBM kota Kediri dengan melakukan observasi serta wawancara kepada pemilik ukm dan karyawan. Penelitian ini berlangsung selama bulan Januari – mei 2021. Pengamatan dilakukan secara langsung mulai tahap awal hingga proses penenunan sampai menjadi kain tenun. penelitian ini menggunakan metode work sampling dan metode work load analysis (WLA)Proses celup, pada proses ini tenaga kerja untuk melakukan pencelupan 150 kg benang berjumlah 4 orang, setelah dilakukan perhitungan dengan metode WLA pada proses ini tidak diperlukan penambhan atau pengurangan tenaga kerja.Setelah melakukan prhitungan dengan metode yang ada seharusnya pemilik ukm memiliki kebijakan untuk menentukan jumlah tenaga kerja yang semestinya agar dapat meningkatkan kapasitas produksi. Apabila ingin melakukan penambahan atau pengurangan tenaga kerja pemilik ukm juga harus membandingkan upah tenaga kerja yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Tenaga Kerja, Work Sampling, Work Load Analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411600015 Moh. Redo Bayu P
Date Deposited: 26 Oct 2021 01:49
Last Modified: 26 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item