Analisa Pengaruh Penambahan Gas Hidrogen Dengan Atau Tanpa Pemasangan Turbo Cyclone Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 110 CC

YUSUF, MOCHMAD (2018) Analisa Pengaruh Penambahan Gas Hidrogen Dengan Atau Tanpa Pemasangan Turbo Cyclone Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 110 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi di dunia transportasi membuat banyak orang berlomba lomba menciptakan alat penghemat bahan bakar salah satunya seperti gas hidrogen (HHO) dan turbo cyclone. Gas Hidrogen dapat menghemat bahan bakar dikarenakan kadar oktannya diatas 130, sementara pertalite kadar oktannya 90, dan juga turbo cyclone dapat digunakan menghemat bahan bakar karena fungsinya yaitu merubah laju aliran udara yang semula laminer menjadi turbulen. Percobaan kali ini bertujuan untuk melihat dan membandingkan antara mesin standar yang ditambahkan gas hidrogen tanpa pemasangan turbo cyclone dan mesin standar yang ditambahkan gas hidrogen dengan pemasangan turbo cyclone sudut sudu 65O pada motor bensin 110 cc yang diuji pada mesin dynotest. Dalam penyusunan kami menggunakan metode penelitian studi eksperimen. Penyusun ini menggunakan data yang diperoleh dari hasil pengujian yang dilakukan di Laboratorium Pengujian Performa Mesin Universitas Negeri Surabaya. Pengumpulan data diperoleh melalui pengujian, dokumentasi, dan perhitungan. Dari hasil uji dynotest didapatkan hasil analisa data Daya (Hp) dan Torsi (N/m) dari daya (Hp) yang terlihat maka daya akan semakin naik dengan seiring bertambahnya putaran (Rpm). Pada daya (Hp) mesin standar tanpa penambahan gas hidrogen terlihat lebih rendah dibandingkan dengan penambahan gas hidrogen diperoleh nilai 6,5 Hp dan 6,63 Hp pada putaran 7000 rpm dan mesin standar yang ditambahkan gas hidrogen dan Turbo cyclone sudut sudu 65O daya (Hp) cenderung lebih kecil dibandingkan keduanya dengan nilai 5,93 Hp ini dikarenakan turbo cyclone dengan sudut sudu 65O kurang berfungsi dengan baik dikarenakan sudut yang terlalu besar sehingga menghambat aliran udara yang masuk pada ruang pembakaran dan hal ini bertolak belakang dengan fungsinya yang akan merubah laju aliran udara laminer tersebut menjadi turbulen. Oleh karena itu mesin standar dengan gas hidrogen lebih baik tanpa pemasangan turbo cyclone 65O.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motor Bakar, Gas Hidrogen, Generator HHO, Turbo Cyclone
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: Aprianto Doni Rahmat
Date Deposited: 08 Jan 2019 06:15
Last Modified: 19 Jul 2022 04:35
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item