IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR (PERDA JATIM) NOMOR 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN TOLERANSI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI KOTA SURABAYA

ANDREW, MICHAEL (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR (PERDA JATIM) NOMOR 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN TOLERANSI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI KOTA SURABAYA. Masters thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberagaman merupakan salah satu anugerah terbesar Tuhan Yang Maha Esa terhadap Indonesia. Namun tidak dipungkiri keberagaman tersebut bukanlah sesuatu yang ada begitu saja tanpa adanya sesuatu yang dikerjakan terus-menerus. Tak heran, terkadang dalam keberagaman itu sendiri terjadi konflik dan penyelesaian konflik tersebut ada yang berjalan dengan mulus ada pula dibiarkan mengambang. Tentu hal ini sangat menciderai anugerah dan semangat Indonesia yang dibangun dari semangat Bhinneka Tunggal Ika itu sendiri. Berangkat dari situlah pemerintah provinsi Jawa Timur pada akhirnya melahirkan Perda Jatim No. 8 Tahun 2018 yang mana perda tersebut sudah menjadi kebijakan aktif dalam Pergub Jatim No. 32 Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pendekatan studi literatur dan wawancara terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan hingga pengimplementasian perda atau pergub toleransi tersebut. Kendati perda atau pergub toleransi ini masih baru setidaknya ada 7 variabel yang peneliti hendak meneliti dalam penelitian ini yakni sumber daya implementor, komunikasi antar implementor, disposisi dari para pembuat kebijakan kepada para implementor kebijakan, sikap dan mentalitas para implementor, kinerja dari para implementor, dan pelibatan masyarakat (termasuk stakeholder) dalam mengimplementasikan perda atau pergub ini secara umum di provinsi Jawa Timur dan secara khusus di kota Surabaya. Harapannya melalui perda atau pergub toleransi ini maka segala upaya untuk menjaga toleransi dan manajemen konflik (permasalahan) berkaitan dengan tindakan-tindakan intoleransi dapat segera terselesaikan juga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keberagaman, implementasi, toleransi, intoleransi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Administrasi
Depositing User: 1161900014 Michael Andrew
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:06
Last Modified: 29 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item