Perencanaan Sistem Transmisi pada Mesin Kertas Pelapis Foil (Transmission System Planning on Foil Coating Paper Machine)

Budiyanto, Risandie Octafian (2021) Perencanaan Sistem Transmisi pada Mesin Kertas Pelapis Foil (Transmission System Planning on Foil Coating Paper Machine). Diploma thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (729kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (919kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju di bidang industri manufaktur menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin berteknologi tinggi khususnya pada industri skala kecil (home industri). Pada sebuah home industri yang ada, pembuatan paper bag dengan sistem perekatan dan penggulungan masih ditemukan permasalahan dimana pengguna mengalami kesulitan saat menggulung kertas yang sudah di tempel dengan foil karena masih dikerjakan secara manual yaitu dengan cara memutar tuas yang digerakan secara manual oleh tangan. Dengan sistem pengoperasian yang masih manual, maka dibutuhkan banyak tenaga dan juga memerlukan banyak waktu untuk mengerjakannya, sehingga dibutuhkan inovasi terhadap mesin yang sudah ada agar dapat bekerja secara efisien. Mesin perekat kertas dan foil ini merupakan alat untuk melapisi kertas dengan foil dan kemudian digulung menjadi gulungan setelah itu dipotong sesuai ukuran yang sudah ada. Pada penelitian ini konsep perancangan dan pengembangan mesin pelapis kertas dengan foil ini akan menggunakan metode perekatan dan penggulungan yang digabungkan menjadi satu, dan telah dilakukan identifikasi, pembuatan konsep, pembuatan sketsa desain, dan pembuatan pemutar otomatis, sehingga akan membuat mesin menjadi lebih efektif dan dapat meminimalkan waktu pengerjaan. Penelitian ini akan difokuskan pada penghitungan gaya atau sistem transmisi pada elemen-elemen seperti motor, poros, pulley, dan v-belt. Hasil dari penelitian mesin kertas pelapis foil ini menggunakan daya motor 125kw / 1⁄6 hp, dengan kecepatan 2400 rpm, menggunakan sistem penggerak v belt dan pulley. Untuk bantalan menggunakan pillow dengan tipe UCP204.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mesin Kertas Pelapis Foil, Sistem Transmisi, Metode Perekatan dan Penggulungan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Vokasi > Teknik Manufaktur
Depositing User: 211180003 Risandie Octafian Budiyanto
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:50
Last Modified: 30 Jun 2022 08:00
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/11009

Actions (login required)

View Item View Item