Analisis Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Dalam Penerimaan dan Pengeluaran Kas Di PT. Lintas Samudra Jaya Express Surabaya

Erika, Reysa (2021) Analisis Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Dalam Penerimaan dan Pengeluaran Kas Di PT. Lintas Samudra Jaya Express Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (804kB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (343kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya sebuah perusahaan didirikan dengan memiliki suatu sistem tertentu guna mengelola dan mengatur seluruh kegiatan operasional perusahaan guna mencapai tujuan tertentu dan menperoleh laba yang tinggi. Dalam pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran kas pada perusahaan diperlukan sistem pengendalian internal yang baik pada perusahaan agar tidak terjadi penyelewangan terhadap kas karena kas merupakan aset yang mudah dipindah tangankan dan dapat menjadi sasaran penyelewengan. Untuk mencegah kerugian atau penyelewengan di masa depan perusahaan harus menerapkan sistem pengendalian internal.Perusahaan dikatakan sudah melaksanakan sistem pengendalian internal dengan baik jika sudah menerapkan unsur-unsur yang ada pada sistem pengendalian internal. Unsur-unsur tersebut meliputi struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur, praktik yang sehat dan karyawan yang berkompeten.Peneliti ingin menganalis pelaksanaan sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas yang dilakukan PT.Lintas Samudra Jaya Express Surabaya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengambilan data dengan cara wawancara dengan Pimpinan dan bagian akuntansi PT.Lintas Samudra Jaya Express Surabaya, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan menganalisis hasil wawancara, dokumen dengan unsur-unsur pengendalian internal. Berdasarkan analisis yang didapatkan menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas PT.Lintas Samudra Jaya Express Surabaya sudah berjalan dengan baik namun masih ditemukan kelemahan dalam pelaksanaannya, yaitu masih ada perangkapan tugas antara bagian akuntansi dan kasir,dimana bagian akuntansi diberi tanggung jawab dalam hal menerima dan mengeluarkan kas, yang sebaiknya tugas tersebut dilakukan oleh bagian kasir. Praktik seperti ini dikhawatirkan akan mengurangi keefektifan dalam praktik kerja bagian akuntansi karena memegang banyak fungsi. Namun jika ada pemisahan fungsi tersebut atau penambahan personil maka akan mempengaruhi efisiensi kas perusahaan, jika tidak menambah personil peneliti menyarankan sebaiknya perusahaan dalam pelaksanaannya dokumen yang terkait dalam sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas di PT.Lintas Samudra Jaya Express Surabaya diperkuat lagi agar laporan penerimaan dan pengeluaran kas lebih valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian internal, penerimaan dan pengeluaran kas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Bisnis
Depositing User: 1121700073 Reysa erika
Date Deposited: 12 Aug 2021 11:49
Last Modified: 12 Aug 2021 11:49
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item View Item