Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Menjalani Perkuliahan Daring

Persitaranti, Della (2021) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Menjalani Perkuliahan Daring. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (468kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kuliah daring menjadi salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dalam menangani penyebaran virus Covid-19. Kuliah daring sudah dirasakan lebih dari 1 tahun sehingga berdampak negatif bagi mahasiswa karena banyaknya tugas yang mereka dapatkan dan membuat mahasiswa mengalami stres akademik. Kurangnya efikasi diri selama perkuliahan daring, akan menjadi kendala bagi mahasiswa untuk memenuhi tugas-tugas yang telah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring. Penelitian ini melibatkan 151 mahasiswa aktif fakultas psikologi angkatan 2017-2020 di Untag Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling isidental. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji korelasi Spearman Brown diperoleh skor korelasi sebesar -0,318 dengan signifikan p = 0,000 (p < 0,001) sehingga data sangat signifikan, sehingga hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara variabel efikasi diri dengan variabel stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi skor variabel efikasi diri maka semakin rendah skor variabel stres akademik. Dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Stres Akademik, Kuliah Daring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: 1511700014 della .persitaranti
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:46
Last Modified: 30 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item