Implementasi Kebijakan Dana Bergulir Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Guna Mendukung Iklim Usaha yang Kondusif di Jawa Timur (Studi pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur)

Kristanti, Yohana Veronica (2021) Implementasi Kebijakan Dana Bergulir Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Guna Mendukung Iklim Usaha yang Kondusif di Jawa Timur (Studi pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan pilar utama penopang perekonomian di Jawa Timur. Adanya pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM mengalami kerugian, hal itu ditandai dengan menurunnya penjualan produk hingga kehilangan pekerjaan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki kapasitas untuk membangkitkan sektor UMKM dengan fasilitasi permodalan yaitu dana bergulir. Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 37 Tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Pengelolaan Dana Bergulir Provinsi Jawa Timur, dana bergulir adalah dana yang dialokasikan oleh Pemerintah untuk kegiatan perkuatan modal usaha bagi masyarakat. Rumusan masalah bagaimana proses implementasi dan apa dampak implementasi pada UMKM di Jawa Timur. Tujuan penelitian mengetahui, menganalisis proses serta dampak implementasi kebijakan dana bergulir pada UMKM di Jawa Timur. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi. Situasi sosial dinyatakan sebagai obyek penelitian yaitu dana bergulir. Teknik analisis data, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi kebijakan dana bergulir bergulir pada pelaku UMKM di Jawa Timur sudah berjalan dengan baik, mayoritas pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha, sebaiknya untuk pengajuan dana bergulir dapat diterapkan sistem online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Dana Bergulir, UMKM, Permodalan, Iklim Usaha
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: 1111700116 Yohana Veronica Kristanti
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:22
Last Modified: 14 Sep 2021 01:22
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item