PENGENAAN SANKSI TERHADAP PERUSAHAAN TIDAK MEMBAYAR UPAH PEKERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU UNDANG UNDANG CIPTA KERJA

Kaukabuddin, . (2021) PENGENAAN SANKSI TERHADAP PERUSAHAAN TIDAK MEMBAYAR UPAH PEKERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU UNDANG UNDANG CIPTA KERJA. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (528kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah perusahaan yang melakukan penundaan pembayaran upah tenaga kerja di era pandemi covid 19 dapat dikenakan sanksi menurut undang-undang cipta kerja serta untuk mengetahui apa bentuk perlindungan hukum bagi pekerja yang upahnya tidak dibayar oleh perusahaan di masa pandemi covid-19. Dirubahnya pasal 91 undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menjadi Undang-undang cipta kerja pasal 81 angka 29 undang-undang cipta kerja membuat hak pekerja/buruh mengenai upah semakin sulit di masa pandemi covid-19. Perlindungan hukum terhadap pekerja atau buruh dalam hubungan kerja sangat dibutuhkan, mengingat kedudukan pekerja atau buruh secara sosial-ekonomis sangat lemah khususnya dimasa pandemi covid-19. Banyak perusahaan yang mengalami kerugian akibat kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan, sehingga pekerja harus mengalami penundaan upah bahkan juga terjadinya pemutusan hubungan kerja yang berdampak pada kesejahteraan pekerja dan mempengaruhi hak-hak normatif pekerja atau buruh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan. Bahan-bahan hukum penelitian ini berasal dari bahan hukum primer yaitu Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, undang-undang cipta kerja, dan bahan hukum sekunder berasal dari buku-buku dan jurnal penelitian yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upah, Pandemi Covid-19, Perlindungan Hukum
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: 1311700135 Kaukabuddin Kaukabuddin
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:12
Last Modified: 14 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10402

Actions (login required)

View Item View Item