Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi pada CV. Berkat Kharisma Sejahtera (BKS) di Kota Surabaya (Studi Kasus : CV. Berkat Kharisma Sejahtera)

Prasetiawan, M. Heri (2021) Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi pada CV. Berkat Kharisma Sejahtera (BKS) di Kota Surabaya (Studi Kasus : CV. Berkat Kharisma Sejahtera). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perencanaan Tata Letak Fasilitas merupakan teknik dan langkah-langkah dalam memperbaiki layout suatu peruahaan industri agar mampu diperoleh perubahan layout dalam upaya untuk penanganan fasilitas dan material handling agar kegiatan prosesnya lebih efesien dan optimal. CV.Berkat Kharisma sejahtera merupakan sebuah industri manufaktur yang bergerak dalam produksi pembuatan bantal dan boneka. Tata letak pada CV.Berkat Kharisma sejahtera yang ada saat ini masih kurang baik, Dikarenakan tata letak mesin yang kurang teratur, dan hal tersebut mengakibatkan proses produksi terganggu. Jarak antar departemen produksi yang cukup jauh menimbulkan ongkos material handling yang cukup besar. Dalam meneyelesaikan masalah tersebut maka dilakukan perancangan ulang tata letak fasilitas ARC (Activity Relationship Chart). Dari perhitungan from to chart (FTC) maka didapat nilai total momen produk yang minimal, yaitu pada trial 1 dan dengan layout yang baru lintasan produksi yang berbolak balik bisa dihilangkan, menjadi aliran proses yang lebih teratur.bahwa jarak perpindahan bahan baku hingga produk jadi memiliki Memliki selisih jarak 20 m dari jarak layout awal dan waktu perpindahaan waktu material jadi lebih cepat dan dapat memotong waktu yang terbuang,dan biaya material handling layout usulan lebih kecil dibanding dengan layout awal, yaitu adanya selisih biaya antara layout usulan dengan layout awal sebesar Rp. 831.444/bulan. Berarti layout usulan akan lebih meminimalisasi biaya material handling pada CV.Berkat Kharisma Sejahtera

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Tata Letak Produksi,layout, ARC (Activity Relationship Chart),FTC (from to chart)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411700009 M.Heri Parasetiawan
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:26
Last Modified: 28 Mar 2024 06:58
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item View Item