Klasifikasi Keluhan Pelanggan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN) Studi Kasus PT Telkom Akses Witel Surabaya Selatan

Yogaswara, M. Rizal Klasifikasi Keluhan Pelanggan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN) Studi Kasus PT Telkom Akses Witel Surabaya Selatan. Klasifikasi Keluhan Pelanggan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN) Studi Kasus PT Telkom Akses Witel Surabaya Selatan.

[img] Text
1461700046-M RIZAL YOGASWARA-JURNAL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pentingnya pengolahan data di era modern ini membuat manusia membutuhkan tools yang efektif untuk mengolah data. Pemanfaatan kecerdasan buatan di berbagai aspek kehidupan manusia saat ini semakin banyak digunakan. Deep learning merupakan cabang dari pembelajaran mesin dan memiliki keunggulan ketika digunakan untuk melakukan klasifikasi data. Klasifikasi data didapatkan dengan menggunakan model identifikasi yang dibentuk dengan algoritma convolutional neural network (CNN) yang menerapkan konsep dari deep learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan data keluhan pelanggan menjadi 4 kelas yaitu internet, iptv, voice dan other (nn) menggunakan metode CNN. Data dari keluhan pelanggan diambil dari aplikasi website NOSSA yang biasa dioperasikan oleh helpdesk assurance PT Telkom Akses. Pada penelitian ini diperoleh akurasi sebesar 77 % dari sebanyak 114 data yang diujikan. Kata Kunci : klasifikasi data, deep learning, pembelajaran mesin, convolutional neural network

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: M Rizal Yogaswara
Date Deposited: 13 Jul 2021 09:49
Last Modified: 13 Jul 2021 09:49
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9570

Actions (login required)

View Item View Item