Implementasi Restaurant Revenue Management di De Mandailing Cafe N Eatery Surabaya

Anggraini, Wahyu Rima Melati (2021) Implementasi Restaurant Revenue Management di De Mandailing Cafe N Eatery Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

De Mandailing Cafe N Eatery adalah salah satu cafe yang terletak di JL. Ir. Soekarno NO.414, Surabaya, Indonesia. Revenue management adalah konsep yang tidak hanya mampu mengoptimalkan permintaan konsumen pada saat tingginya permintaan, tapi juga dapat membantu menghindari persaingan dalam kondisi terparah, serta dapat menstimulasi permintaan saat menghadapi low period. Permasalahan yang ada dalam kegiatan operasional De Mandailing Cafe N Eatery adalah terdapat tamu yang berlama lama menikmati makanan di meja makan sementara di pihak lain yang harus menunggu meja makan, jika tamu tidak ingin menunggu maka biasanya tamu akan walked out. Kesempatan meraih pendapatan yang tinggi akan lewat begitu saja karena tedapat kapasitas restoran di dominasi oleh sekelompok tamu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi restaurant revenue management pada De Mandailing Cafe N Eatery Surabaya serta mengetahui strategi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan pada De Mandailing Cafe N Eatery Surabaya. Metode penyelesaian yang digunakan adalah dengan 3 step implementasi restaurant management, pengembangan strategi menggunakan SWOT analisis serta strategic levers sehingga didapatkan hasil perhitungan arrival pattern untuk mengetahui jam sibuk (hot period) dan jam senggang restoran (cold period), average check, perhitungan seat occupancy, dan menghitung RevPASH restoran, langkah kedua dengan memahami drivers yang mempengaruhi baseline yaitu membuat service blue printing restoran, melakukan time study untuk low seat occupancy serta meal duration and variaton yang digambarkan dengan diagram fishbone. Strategi kombinasi antara SO, WO, ST dan WT dan mendapatkan 7 strategi, sedangkan untuk strategic levers akan dibagi menjadi strategi duration control dan strategi demand-based pricing yang menghasilkan 6 strategi. Kata Kunci : Restaurant Revenue Management, Analisis Strategi SWOT, Strategic Levers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: 1411700032 Anggraini Wahyu
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:11
Last Modified: 24 Aug 2021 03:11
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item View Item