Analisis Kerusakan Perkerasan Lentur Menggunakan Perhitungan PCI (Studi Kasus : Jalan Raya Madiun - Nganjuk, Saradan Kab. Madiun Jawa Timur)

Dhany, Pujo Pangestu (2021) Analisis Kerusakan Perkerasan Lentur Menggunakan Perhitungan PCI (Studi Kasus : Jalan Raya Madiun - Nganjuk, Saradan Kab. Madiun Jawa Timur). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Madiun merupakan wilayah di Jawa Timur yang berada di sisi timur dari Kota Caruban. Khususnya pada daerah Saradan tepatnya di Jalan Raya Madiun – Nganjuk dengan jarak panjang 3000 m dengan lebar jalan 3,5 m (dua lajur/arah) dan tiap segmen memiliki 100m/segmen. Metode yang digunakan adalah metode Pavement Condition Index (PCI) dengan segmen 60 pada ukuran 100m/segmen. Pavement Condition Index (PCI) adalah indeks bernomor diantara 0 untuk kondisi perkerasan yang gagal (failed), dan 100 untuk kondisi perkerasan yang baik sekali. Perhitungan PCI didasarkan atas hasil survei kondisi jalan secara visual yang teridentifikasi dari tipe kerusakan, tingkat kerusakan (severity), dan kuantitasnya. Berdasarkan perhitungan diperoleh jenis kerusakan dengan metode Pavement Condition Index dari banyaknya jenis kerusakan jalan. Adapun kerusakan yang paling parah yaitu kerusakan very poor dengan nilai PCI 23 dan kerusakan yang tidak ada kerusakan yaitu kerusakan excellent dengan nilai 100. Analisis perhitungan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), didapatkan kesimpulan bahwa, pada ruas Jalan Raya Madiun – Nganjuk, Saradan STA 0+000 s/d 3+000 terdapat jenis kerusakan Retak Kulit Buaya (14,81%), Retak Pinggir (0,95%), Lubang (0,27%), Sungkur (1,04%), Tambalan (54,85%), Retak Memanjang (39,08%), untuk keseluruhan nilai PCI sebesar 60,4% Baik (Good). Untuk kerusakan jalan pada ruas Jalan Raya Madiun – Nganjuk, Saradan, Kab. Madiun terdapat usulan dengan metode penanganan yang telah direkomendasi yang sesuai dengan jenis kerusakan terbesar dari tiap segmen yaitu dengan Pemeliharaan Rutin, Pemeliharaan Berkala, Rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kerusakan, Pemeliharaan, Besar Nilai Pavement Condition Index (PCI)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: 1431700074 pangestu dhany
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:04
Last Modified: 03 Apr 2024 03:04
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9500

Actions (login required)

View Item View Item