Analisis Tingkat Kebutuhan Pembangunan Double Track Jalur Kereta Api di Jawa Timur Ruas (Madiun-Surabaya).

Purnomo, Muhammad Afif (2021) Analisis Tingkat Kebutuhan Pembangunan Double Track Jalur Kereta Api di Jawa Timur Ruas (Madiun-Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (666kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (463kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. lampiran 1 hasil turniti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Kereta api merupakan salah satu moda trasportasi yang diminati oleh masyarakat. Hal ini tergambar dari hal survey Badan Pusat Statistik pada tahun 2019, mencatat jumlah penumpang kereta api sebanyak 429 juta penumpang, jumlah ini naik 4 juta penumpang dari tahun 2018 sedangkan pengguna jasa angkutan barang dengan moda kereta api sebanyak 47,6 juta ton. Penelitian ini hanya akan menguji aspek analisis kapasitas jalan kereta api antara stasiun Madiun–Surabaya dengan Metode UIC (UNION INTERNATIONAL RAIRWAY). Rangkaian Kereta Api penumpang dan barang dalam satu rangkaian antara stasiun Madiun dan Surabaya, tidak termasuk rangkaian Fakultatif maupun rangkaian KLB. Menitik beratkan kepada analisis kapasitas jalan kereta api serta tingat utilisasi optimal jalur kereta api yang dijadikan sampel. Tidak termasuk untuk tindakan penjadwalan ulang kereta api. Peningkatan Fasilitas pelayanan sarana dan prasarana kereta api berupa pembanguan double track, tanpa melakukan penambahan aspek-aspek eksternal dari jalur ganda itu sendiri. Analisis kapasitas lintas eksisting menggunakan metode penghitungan Kapasitas UIC baik pada lintas eksisting DAOP VII Madiun maupun DAOP VIII Surabaya keduanya menunjukan, bahwa lintas Madiun-Surabaya saat ini masih berada di bawah kapasitas maksimumnya. Besar nilai utilisasi atau nilai penggunananya kedua Daerah Operasional ini juga masih berada di kisaran 0,227 dimana besar nilai utilitas ini masih jauh jika dibandingkan dengan negara di Eropa yang berkisar antara 0,5-0,8. Hal ini menunjukkan bahwa frekuensi atau jumlah kereta api yang beroperasi di kedua DAOP tersebut pada hari biasa masih berada di bawah nilai kapasitas jalurnya. Dari hasil kajian alternatif berdasarkan hasil permintaan dari konsumen jasa layanan perkeretaapian sebanyak 100 sampel maka diambil penambahan jumlah rangkaian sebagai solusi penyelesaian pemenuhan guna memenuhi kapasitas maksimum eksistingnya untuk kelayakan pembangunan Double Track. Dengan asumsi penambahan jam keberangkatan maka didapat nilai investasi kelayakan pembangunan double track, dengan rincian bahwa kelayakan pembangunan double track untuk Daerah Oprasional VII Madiun jatuh pada tahun 2030-2031, sedangkan untuk Daerah Oprasional VIII Surabaya jatuh pada tahun 2031-2032.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: 1431502889 Purnomo Muhammad
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:39
Last Modified: 03 Apr 2024 02:39
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item View Item