Inovasi Pelayanan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu AK-1) Melalui Progam Surabaya Single Window di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya

Syahputra, Reynold Nigel (2021) Inovasi Pelayanan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu AK-1) Melalui Progam Surabaya Single Window di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
abstrak .pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (591kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di kota Surabaya masyarakat yang mengurus Kartu Tanda Pencari Kerja jumlahnya meningkat, hal ini disebabkan pertumbuhan angkatan kerja di Surabaya melaju pesat karena faktor pembangunan infrastruktur. Melihat hal ini pemerintah kota Surabaya telah melakukan inovasi terhadap layanan yang diberikan kepada masyarakat. Inovasi tersebut yaitu Surabaya Single Window (SSW) yang merupakan program layanan perizinan online. Sejak dirilisnya program tersebut banyak masyarakat yang mengalami permasalahan pada pelayanan perizinan online ini. Seperti gangguan pada sistemnya yang menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam proses pengisian data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Surabaya Single Window dalam pelayanan Kartu AK-1 di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini didasarkan pada 3 indikator pengukuran efektivitas oleh Martani dan Lubis sebagai berikut : Pendekatan Sumber (resource approach), Pendekatan proses (process approach Pendekatan sasaran (goals approach). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Inovasi Pelayanan Kartu AK-1 berbasis SSW sudah cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator pendekatan sumber, pendekatan proses dan pendekatan sasaran. Dalam pendekatan sasaran. program menunjukkan sasaran utama program SSW yaitu masyarakat yang akan melakukan permohonan, khususnya Kartu AK-1. Dalam indikator pendekatan sumber menunjukkan bahwa memudahkan masyarakat dalam hal mengurus permohonan, terutama permohonan Kartu AK-1. Pada indikator Pendekatan proses menunjukkan bahwa ada pemantauan oleh pihak UPTSA yang dilakukan back office oleh masing-masing dinasnya dan adanya evaluasi melalui website UPTSA. Kemudian, faktor penghambat berjalannya SSW dalam pelayanan adalah tergantung dari sistem jaringannya. Dan faktor pendukungnya yaitu sumber daya manusia dari pihak pegawai UPTSA yang sudah menguasai program SSW dan dari masyarakat yang telah mengetahui dan memahami program tersebut. Dengan begitu inovasi program ini akan dapat tersebar di kalangan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik, Efektivitas, Surabaya Single Window
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Bisnis
Depositing User: 1111600104 Reynold Nigel Syahputra
Date Deposited: 13 Apr 2021 01:01
Last Modified: 13 Apr 2021 01:01
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8840

Actions (login required)

View Item View Item