Tanasa, Indra (2021) Peranan Public Relations Dalam Menciptakan Posisi Produk Industri Batik Sumenep (Studi di Pakandangan berdasarkan Perda Sertifikasi Industri Batik Sumenep). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENCIPTAKAN POSISI PRODUK INDUSTRI BATIK SUMENEP ( Studi di Pakandangan berdasarkan Perda Sertifikasi Industri Batik Sumenep ). (Unpublished)
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (517kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
Peranan Public Relations Dalam Menciptakan Posisi Produk Industri Batik Sumenep.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
JURNAL INDRA TANASA.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
Abstract
ABSTRAK PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENCIPTAKAN POSISI PRODUK INDUSTRI BATIK SUMENEP (Studi di Pakandangan berdasarkan Perda Sertifikasi Industri Batik Sumenep)Penelitian ini berjudul PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENCIPTAKAN POSISI PRODUK INDUSTRI BATIK SUMENEP (Studi di Pakandangan berdasarkan Perda Sertifikasi Industri Batik Sumenep) dengan rumusan masalah bagaimana peranan public relations dalam menciptakan positioning produk industri Batik di Sumenep, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan public relations dalam menciptakan positioning produk industri Batik di Sumenep. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dengan jenis data kualitatif yang di awali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan sampel menggunakan (Purposive Sampling, dengan jumlah informan sebanyak 5 orang, penelitian ini langsung kelapangan dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, penelitian, wawancara dokumentasi untuk mendapatkan data yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwasanya strategi marketing public relations yang dilakukan indsutri Batik di Sumenep dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi atau program-program yang dilakukan. Perencanaan yang dilakukan oleh industri Batik di Sumenep dimulai dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternal organisasi yang merupakan publicnya. Lingkungan tersebut merupakan acuan dalam merancang produk sekaligus menentukan program pemasarannya. Penerapan public relations yang dilakukan industri Batik di Sumenep terdiri dari push strategy yaitu publisitas, Pull strategy yaitu costumer relations sedangkan pass strategy yaitu berpartisipasi dalam event, sponshorship, dan layanan masyarakat atau aksi sosial. Langkah terakhir adalah evaluasi strategi, Evaluasi yang dilakukan industri Batik di Sumenep adalah dengan melakukan percobaan strategi apabila strategi tersebut cocok maka akan di jadikan pedoman untuk perencanaan dimasa yang akan datang, dan apabila strategi tersebut gagal maka akan ditinjau kembali untuk mengetahi faktor-faktor penyebab kegagalan. Dari hasil evaluasi tersebut dihasilkan hambatan atau tantangan yang dihadapi industri Batik di Sumenep adalah minimnya modal, kemampuan sumber daya manusia yang masih rendah, kemampuan komonikasi yang kurang baik, dan media yang digunakan masih terbatas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | 1231503272 Indra Tanasa |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 11:28 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 02:11 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8559 |
Actions (login required)
View Item |