Game Edukasi Berbasis Server Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Anak Down Sindrome

Saputra, Mochamad Riyan (2021) Game Edukasi Berbasis Server Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Anak Down Sindrome. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (994kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL.pdf

Download (548kB)
[img] Text (JURNAL TURNITIN)
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Bunda mempunyai 17 guru, 40 siswa dan 29 ruang kelas. Dimana Para murid SLB Harapan Bunda mengalami kecacatan mental sejak lahir atau down syndrome sangat kesulitan untuk mengenal huruf dan angka. Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Bunda membutuhkan media pembelajaran digital terutama dalam bentuk game agar terciptanya proses belajar mengajar yang tidak membosankan dan meningkatkan minat siswa untuk belajar. Game edukasi pengenalan huruf dan angka dibuat lebih mudah dimengerti dengan tujuan agar anak dengan berkebutuhan khusus seperti down syndrome dapat sedikit banyak belajar mengenal huruf dan angka dimana game ini sudah dirancang agar mudah dimainkan oleh para siswa, interaktif dan menarik. Game edukasi ini dibuat dengan sistem berbasis website dengan tujuan agar para orang tua dengan anak yang mempunyai kebutuhan khusus seperti down syndrome nantinya bisa mengakses sendiri dari hp atau laptop dengan system yang sama dan mengajarkan anaknya secara mandiri dirumah atau dimana saja dan tidak terbatas tempat dan waktu seperti di sekolah atau ditempat bimbingan, media pembelajaran digital/ game edukasi ini dirancang untuk menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan di atas, Game dibuat menggunakan construct 2 lalu di export menjadi HTML 5 agar bisa dijalankan di website. Dengan adanya refrensi media pembelajaran digital dalam bentuk game tersebut, diharapkan dapat memudahkan para guru dalam memberikan pengajaran kepada siswa dan memudahkan para siswa dalam mengenal huruf dan angka. Metodelogi penelitian dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu: Tahapan pertama yakni Metode Pengumpulan Data meliputi: observasi wawancara, library research atau studi Pustaka, dan analisis kebutuhan. Tahapan kedua Perancangan Game Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Android, Down Syndrome, SLB
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: 1461600038 Mochamad Riyan Saputra
Date Deposited: 01 Mar 2021 15:16
Last Modified: 22 Jul 2022 03:39
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8523

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item