Saputra, Mochamad Riyan (2021) Game Edukasi Berbasis Server Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Anak Down Syndrome. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
This is the latest version of this item.
Text
ABSTRAK..pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (994kB) |
|
Text (JURNAL)
JURNAL.pdf Download (548kB) |
|
Text (JURNAL TURNITIN)
JURNAL TURNITIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Bunda mempunyai 17 guru, 40 siswa dan 29 ruang kelas. Dimana Para murid SLB Harapan Bunda mengalami kecacatan mental sejak lahir atau down syndrome sangat kesulitan untuk mengenal huruf dan angka. Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Bunda membutuhkan media pembelajaran digital terutama dalam bentuk game agar terciptanya proses belajar mengajar yang tidak membosankan dan meningkatkan minat siswa untuk belajar. Game edukasi pengenalan huruf dan angka dibuat lebih mudah dimengerti dengan tujuan agar anak dengan berkebutuhan khusus seperti down syndrome dapat sedikit banyak belajar mengenal huruf dan angka dimana game ini sudah dirancang agar mudah dimainkan oleh para siswa, interaktif dan menarik. Game edukasi ini dibuat dengan sistem berbasis website dengan tujuan agar para orang tua dengan anak yang mempunyai kebutuhan khusus seperti down syndrome nantinya bisa mengakses sendiri dari hp atau laptop dengan system yang sama dan mengajarkan anaknya secara mandiri dirumah atau dimana saja dan tidak terbatas tempat dan waktu seperti di sekolah atau ditempat bimbingan, media pembelajaran digital/ game edukasi ini dirancang untuk menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan di atas, Game dibuat menggunakan construct 2 lalu di export menjadi HTML 5 agar bisa dijalankan di website. Dengan adanya refrensi media pembelajaran digital dalam bentuk game tersebut, diharapkan dapat memudahkan para guru dalam memberikan pengajaran kepada siswa dan memudahkan para siswa dalam mengenal huruf dan angka. Metodelogi penelitian dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu: Tahapan pertama yakni Metode Pengumpulan Data meliputi: observasi wawancara, library research atau studi Pustaka, dan analisis kebutuhan. Tahapan kedua Perancangan Game Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Android, Down Syndrome, SLB |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | 1461600038 Mochamad Riyan Saputra |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 15:16 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 04:51 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8523 |
Available Versions of this Item
-
Game Edukasi Berbasis Server Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Anak Down Sindrome. (deposited 26 Feb 2021 22:24)
- Game Edukasi Berbasis Server Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Anak Down Syndrome. (deposited 01 Mar 2021 15:16) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |