K-means Tool Point of Sales

Supangat, Supangat (2019) K-means Tool Point of Sales. e-HakCipta Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

[img] Text
sertifikat_EC00201947619.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan big data untuk meningkatkan performa usaha telah banyak menjadi pembahasan penelitian akhir-akhir ini. Ketersediaan data yang mampu diakses secara cepat untuk mereproduksi informasi baru yang penting dalam pengambilan keputusan menjadi salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan organisasi. K-Means cluster sebagai salah satu algoritma data mining dengan kemampuan pengelompokan data merupakan salah satu tools yang penting untuk melakukan hal ini. Penelitian ini akan membahas implementasi algoritma K-Means untuk menghasilkan informasi baru berupa klasifikasi kelompok produk berdasarkan data transaksi penjualan di masa lalu. Algoritma ini selanjutnya akan menjadi fitur pada Sistem Informasi Point of Sales (POS) yang dikembangkan. Dengan adanya fitur baru pada sistem informasi POS, diharapkan pemilik usaha dapat merencanakan jumlah dan waktu pembelian produk dengan lebih baik, mengurangi jumlah persediaan barang di gudang, dan memberikan keleluasaan bagi pemilik usaha untuk menganalisa permintaan dengan mudah.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Supangat ..
Date Deposited: 13 Feb 2021 05:54
Last Modified: 13 Feb 2021 05:54
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item