Perancangan Aplikasi Pengenalan Kode Bahasa Isyarat Abjad Dan Angka Sibi Dengan Memanfaatkan Augmented Reality 3d Di Slb Bina Harapan Lamongan

Dirantu, Wahyu (2021) Perancangan Aplikasi Pengenalan Kode Bahasa Isyarat Abjad Dan Angka Sibi Dengan Memanfaatkan Augmented Reality 3d Di Slb Bina Harapan Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (596kB)
[img] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam era globalisasi dimana perkembangan informasi dan komputer berkembang pesat, membuat banyak orang mulai belajar tentang ilmu komputer. Android salah satunya yang paling diminati dikarenakan hampir sebagian ponsel pintar mengusung android sebagai sistem operasinya. Indonesia memiliki 718 bahasa daerah dan Bahasa Indonesia itu sendiri, tetapi kita lupa bahwa ada satu bahasa yang perlu kita pelajari yaitu bahasa isyarat. Bahasa isyarat ialah bahasa tubuh atau bahasa yang mengandalkan gerakan tangan tanpa mengeluarkan suara itu sendiri. Para siswa baik SD, SMP, SMA bahkan kita sendiri Tidak dikenalkan dengan bahasa isyarat, hanya sekolah-sekolah tertetu yang mengajarkan bahasa isyarat seperti SLB Bina Harapan Lamongan yang masih belajar melalui media buku 2D. Berdasarkan hal tersebut kami mengembangkan aplikasi pengenalan kode bahasa isyarat SIBI dalam bentuk visual 3D melalui aplikasi augmented reality. Adapun tahapan perancangan ini meliputi kebutuhan dan tujuan, tahap konsep media, tahap implementasi (desain interface, desain marker dan modeling tangan), tahap rendering dan uji coba. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi sebagai media pendukung pembelajaran kode bahasa isyarat SIBI dalam bentuk visual 3D melalui aplikasi augmented reality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Isyarat, Augmented Reality, 3D, SIBI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: 1461600013 Wahyu Dirantu
Date Deposited: 06 Feb 2021 12:52
Last Modified: 15 Oct 2024 01:57
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item