Munawaroh, Farida (2021) Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Konformitas Dengan Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (444kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (223kB) |
|
Text
JURNAL TURNITIN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fenomena kecanduan game online semakin marak terjadi di kalangan remaja, khususnya mahasiswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap 50 subjek mengaku mengalami kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan konformitas dengan kecanduan game online pada mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari regulasi diri (X1), konformitas (X2) dan kecanduan game online (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitupenelitian kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 44 orang mahasiswa psikologi UNTAG Surabaya angkatan 2016 yang mempunyai kebiasaan bermain gameonline dengan durasi minimal 6 jam atau sebanyak 5 kali sehari atau lebih. Data penelitianini diperoleh dengan teknik purposive sampling yaitu memberikan kuisioner secara langsung kepada subjek yang dituju dan memenuhi kriteria. Teknik analisis menggunakanUji Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan kecanduan game online pada mahasiswa, dimana nilai t = - 4, 570 dengan nilai signifikansi p = 0,00 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan kecanduan game online pada mahasiswa, dengan nilai t = 3,470 dan signifikasi p = 0,01 < 0,05 artinya hipotesis diterima. Total sumbangan efektif (R²)seluruh variabel X terhadap variabel Y = 0,502, dengan sebaran F = 20,683 dan signifikansi p = 0,00 < 0,05 maka signifikan dan hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game online, regulasi diri, konformitas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | 1511600006 Farida Munawaroh |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 23:22 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 23:22 |
URI: | http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/7727 |
Actions (login required)
View Item |