PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE

ferry anggiawan, ferry anggiawan and Supangat, Supangat (2021) PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE. PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE.

[img] Text
EAS_E-BISNIS_FERRY ANGGIAWAN_1211800322.pdf

Download (337kB)

Abstract

Bukalapak sebagai salah satu online marketplace terbaik di Indonesia memiliki visi misi yang besar dalam mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia.Untuk mewujudkan visi misi tersebut, dibuatlah strategi komunikasi pemasaran dengan tujuan agar UMKM bisa lebih berkembang dengan memanfaatkan teknologi internet. Berdasarkan latar belakang di atas, maka muncullah rumusan masalah.Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT Bukalapak Dalam Mengembangkan UMKM Melalui Online Marketplace? Dan apa saja aktivitas yang dilakukan marketing public relation dalam upaya mengembangkan UMKM agar memanfaatkan platform digital? Secara garis besar, strategi terdiri dari tiga tahapan.Pertama, perumusan strategi yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam perencaan strategi komunikasi pemasaran.Kedua, implementasi strategi yaitu aktivitas yang dilakukan untuk menjalankan strategi tersebut.Ketiga, evaluasi strategi yaitu untuk mengukur sejauh mana strategi itu sudah berjalan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan konseptualisasi teori Marketing Public Relations oleh Thomas L. Harris yang mencakup 7 aktivitas marketing public relations antara lain seperti publikasi, identitas media, acara, pidato, berita, aktivitas sosial dan pensponsoran. Aktivitas implementasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Bukalapak sebenarnya semua telah berjalan sesuai rencana. Hanya saja ada beberapa faktor yang menghambat, salah satunya masih banyak pelaku UMKM yang belum bisa memanfaatkan teknologi internet dengan baik.Persaingan antar sesama ecommerce yang menggunakan sistem “bakar duit” juga menjadi tantangan tersendiri bagi PT Bukalapak.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Manajemen > Tugas Kuliah
Depositing User: Ferry Anggiawan
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:08
Last Modified: 15 Jan 2021 03:08
URI: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/7394

Actions (login required)

View Item View Item